GuidePedia

Oleh: Jalaksana Winangoen
Dalam era globalisasi, kebutuhan informasi digital semakin pesat berkembang. Dewasa ini, banyak penyedia layanan jejaring sosial yang berbasis komunitas maya menawarkan banyak sarana untuk mewujudkan kenyataan tersebut. Komunitas maya diciptakan untuk saling berkomunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet. Nah.. penikmat uniknya.com, mau tahukan 5 komunitas maya yang konon memiliki lebih dari 100 juta pengguna? Bahkan salah satunya memiliki angka mendekati 1 juta pengguna, dan saya Saya yakin Anda juga bagian dari pengguna itu. Berikut urutannya:


1. Habbo 
230 juta pengguna per September 2011
Habbo adalah situs jaringan social yang berasal dari Finlandia dan tersegmentasi untuk remaja. Website ini dimiliki dan dioperasikan oleh Sulake Corporation. Layanan Habbo dimulai pada 2000 dan telah diperluas untuk mencakup 11komunitas online, dengan pengguna di lebih dari 150 negara. Namun, pada bulan April 2012, diumumkan bahwa Habbo akan terbuka ditujukan untuk pengguna dari Turki. Pada Agustus 2011, lebih dari 230 juta pengguna telah terdaftar. Ada sekitar 10 juta pengunjung unik rata-rata perbulanannya.





Habbo
2. Skype
200+ juta pengguna per Januari 2012
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon  dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar.Hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.






Skype

3. Google+
170+ juta pengguna per April 2012
Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.





Google+

Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011

4. VK 
169+ juta pengguna per Maret 2012
VK atau VKontakte, adalah layanan jaringan sosial Rusia yang populer di Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Moldova dan Belarusia. VK bisa dikatakan mirip dengan Facebook, VK memungkinkan pengguna untuk kontak pesan secara umum atau pribadi, membuat grup, halaman publik dan acara, membuat “clone Facebook.” catatan, berbagi dan tag gambar dan video, dan browser berbasis bermain game. Salah satu perbedaan VK adalah integrasi dengan teknologi torrent file sharing yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file yang lebih besar.

Pada Maret 2012, VK memiliki 118.800.000 rekening tetapi telah mengakui bahwa ia memiliki masalah spam besar, dan tidak lagi mengiklankan nomor pengguna pada homepagenya. VKontakte berada di peringkat 46 di global Alexa Top 500 situs danmerupakan website yang paling dikunjungi ke empat di Rusia. Pada Januari 2012 vkontakte.ru dikunjungi oleh 25,4 juta orang dari Rusia (58,7% berusia 12-54) dan vk.com oleh 21,5 juta (49,6% berusia 12-54).




VK

5. Badoo
147+ juta pengguna per April 2012
Badoo adalah sebuah jejaring sosial multi bahasa yang dapat diakses di http://badoo.com. Badoo memiliki kantor di Soho, London, Inggris tetapi dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ada diCyprus dan dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Andrei Andreyev, seorang berkebangsaan Rusia. Situs ini berasal dari Rusia dan situs ini diluncurkan di London pada tanggal November 2006. Dibuat oleh Andrei Andreyev, dikembangkan dari situs ia sebelumnya yang bertema kencan, Mamba.




Badoo

 Pada tanggal Januari 2008, seorang investor Rusia membayar 30 juta dolar amerika untuk bekerja sama dengan badoo dan mengambil keuntungan 10%. Pendapatannya akan digunakan untuk membangun kantor Badoo di Rusia. Pada tahun 2009, Finam (investor Rusia) mendapat 20% kepemilikan dari Badoo. Pada bulan November 2010, Forbes melaporkan bahwa situs ini mungkin berkembang pada tahun 2011. Pada bulan September 2011, Badoo memiliki 125 juta pengguna yang terdaftar. Menurut halaman FAQ pada situs Badoo, Badoo telah memperkerjakan 200 orang secara internasional.

Tambahan:

Twitter
140+ juta pengguna per Maret 2012
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.





Twitter

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.

Bebo
117+ juta pengguna per Juli 2010
Bebo (akronim dari Blog Early, Blog Often) merupakan sebuah situs jejaring sosial yang berperan dalam menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dan segala sesuatu yang menjadi perhatian pengaksesnya. Bebo menggabungkan konsep komunitas, ekspresi diri, dan hiburan yang memungkinkan kita untuk menciptakan, menemukan, dan membagikan konten digital. Bebo merupakan sebuah situs yang banyak digunakan di Amerika, Inggris, Irlandia,Australia, Selandia Baru, Kanada, Polandia, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, India, dan Belanda.





Bebo


LinkedIn
100+ juta pengguna per Maret 2011
Linkedln adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.




LinkedIn

CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital,Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006.(**)

Sumber: wikipedia.org, Mei 2012

Beli yuk ?

 
Top