GuidePedia

Halo aboi semua, aing mau cerita nih tentang perjalanan  aing  ke salah satu pantai terindah yang ada di bumi pertiwi, kebetulan baru kemarin habis UAS  aing  kesana.

Perjalanan yang akan  aing  ceritakan ini sangat pas dan pasti bermanfaat untuk pecinta alam Indonesia dengan budget yang minim dan senang menyatu dengan alam.

Perjalanan Purwokerto-Brebes-Tegal-Cirebon-Kuningan-Ciamis-Banjar-Pangandaran:

Sepulang sekolah di hari UAS yang terakhir , rasanya lega banget udah kelar, habis ini rencananya mau pulang tidur. Lagi jalan ke parkiran belakang eh ada gerombolan stematel go shoot (baca:nama genk main  aing  ) di kantin manggil-manggil  aing  . Ternyata mereka ngrencanain buat bikin acara, jalan-jalan lintas jawa bagian tengah atas bawah atau JaLiTeng Atas Bawah. Yap, dari namanya kita akan nglewatin pulau Jawa bagian tengah ke atas langsung turun ke bawah, rencana dadakan, sore itu juga direncananin, paginya berangkat, Purwokerto-Pangandaran Weird Dancing Across Regency (silakan tonton videonya boi). Kalo ada yang tanya, "loh kan dari purwokerto bisa langsung ke arah pangandaran lebih deket?". Nah karena pangandaran itu pantai terbaik di pulau jawa, makanya  aing  sama temen-temen belain ambil perjalanan yang sampai 25 jam supaya lebih terasa lagi wahh nya. Ngerasain panasnya Tegal dan Brebes, bau udangnya Cirebon, mulai nanjaknya ke bukit-bukit di kuningan lanjut dinginnya ciamis, mulai turun ke banjar dan sampai di pangandaran.

Pantai Indah Pangandaran adalah sebuah pantai yang terletak di pantai selatan serta menurut Asia Rooms merupakan pantai terbaik di Pulau Jawa. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis Jawa Barat.

Ini alasan kenapa  aing  sama temen-temen pilih pangandaran;
Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama
Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman
Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih
Tersedia tim penyelamat wisata pantai
Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai
Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.

Semua udah kumpul di meeting point dan semua udah siap berangkat, kecuali  aing  ,  aing  mendadak gak bisa ikut gara-gara subuh-subuh harus berobat alternatif kaki  aing  yang kena mata ikan. Rencana awal kita berangkat berdelapan naik empat motor bebek, temen  aing  satu lagi juga batal ikut karena ada acara seleksi mahasiswa baru. Akhirnya 6 orang berangkat tanpa  aing  ikut. Tapi, karena  aing  bener-bener pengin ikut banget, akhirnya  aing  paksain berangkat sendiri naik motor nyusul mereka. Posisi mereka udah sampai bumiayu.

Perjalanan pun dimulai, check point pertama di rumah temen  aing  di daerah bumiayu, yang sebelumnya take video dulu di perbatasan kabupaten,  aing  belum sampai. Lanjut ke utara, Tegal dan Brebes, alhamdulilah  aing  bisa nyusul mereka dan ketemu di check point kedua di alun-alun brebes, berlanjut ke Cirebon, Kuningan, Ciamis, Banjarpatroman dan akhirnya sampai di depan gerbang pantai pangandaran saat jam tangan menunjukan pukul satu pagi buta.

Nah di sini, buat para backpacker atau pecinta wisata, kalau naik motor gak usah berhenti di gerbang, lanjut aja langsung jalan, kalau berhenti nanti ditarikin Rp 5000/kepala. Lanjut masuk rencananya kami ini mau liat sunrise. Nah satu lagi nih, buat yang gak mau nginap di hotel/motel/wisma yang naik motor ataupun mobil, pasti nanti waktu kalian baru masuk, akan ada yang mbuntutin bapak-bapak naik motor, gak cuma satu dua orang. Mereka itu nawarin kamar-kamar kosong, gak usah dipeduliin, tetep jalan aja terus jangan berhenti kalau kita emang gak mau sewa penginapan, ditolak aja baik-baik.

Kami semua udah siap untuk menyatu dengan alam, kami udah bawa sleeping bag dan  aing  sama temen-temen mau tidur di pantai sampai mentari menjelang, hehe… Nah kalau beruntung, kalau kita ke pangandaran lewat tengah malam, kita akan bisa ketemu rusa liar. “Kawanan rusa ini ada kalau lewat tengah malam”, kata penduduk sekitar. Kami sangat beruntung bisa beristirahat sejenak sambil bercengkrama dengan rusa.

Setelah mencari tempat yang oke, kami langsung parkir motor di pantai. Menggelar sleeping bag dan langsung tidur karena lelahnya. Sekitar subuh kompor outdoor dan paraffin di set, sarapan pakai sarden dan mie instan. Dan kami baru sadar kalau kami ada di pantai barat bukan pantai timur, sunrise pun terlewat. Yap, buat yang baru pertama dating mungkin sedikit bingung antara pantai barat yang mana timur yang mana. Saran  aing  bawa kompas deh atau tanya penduduk sekitar, penduduk pangandaran ramah loh.

Menjelang pukul setengah enam, ada sesosok bapak-bapak menghampiri kami, dan ternyata dia pemilik perahu yang ada di sebelah kami. Beliau minta tolong untuk mendorong perahunya ke bibir pantai, setelah ngobrol-ngobrol kami diajak untuk naik perahunya ke spot snorkeling dan pasir putih. Kami baru tahu namanya Pak Solihin waktu di tengah laut, orangnya bersahabat dan kocak loh boi. Kami dapet murah waktu naik perahu karena masih pagi dan udah bantu dorong perahu. Yap, kita bisa dapet segalanya murah kalo pagi-pagi, contoh pertama perahu yang kami naiki, di spot snorkeling kita juga bisa bebas bea kalo datingnya pagi, soalnya kalo udah jam tujuh lebih, pasti ada bapak-bapak yang pake baju kayak kaos oblong seragamnya TNI narikin retribusi. Di pasir putih ada spot snorkeling kami dapet harga miring lagi karena pelanggan pertama. Biasanya harga per sewa nya itu Cuma buat kacamatanya, sedangkan kalau mau tambah pinjem pelampung tambah lagi, tapi kadang mas nya gak bilang di depan.

Pasir putihnya pangandaran:

Perahu nelayan di pantai pangandaran dalam:

Setelah mendapat briefing sebentar tetang cara pakenya kami pun langsung terjun, tapi hati-hati yah, kalau snorkeling di sini, walaupun keliatannya dangkal tapi jangan berdiri takutnya pas kena ada karang yang tajam.  Aing  sama temen-temen  aing  nyoba buat agak ketengah sampai batas ada bendera gitu. Nah buat yang gak bisa renang hati-hati yah, karena  aing  sama temen-temen juga kebingungan waktu udah sampai batas bendera, waktu mau balik ke darat itu susahnya minta ampun, kita gak bisa gerak, karena di situ arus nya hanya berputar di tempat. Bahkan ada sampah daun yang berkumpul disitu saja. Akhirnya ada temen  aing  yang bisa menyelamatkan diri ke darat, ambil tali karena udah persiapan, balik lagi, narik  aing  sama yang lain.

Snorkeling di pangandaran:

Wah gila kalo udah jam tujuh keatas, pantainya bener-bener mempesona boi, pasir putih, lautnya bersih penduduk sekitar ramah. Mantap banget lah boi. “Oia di sini sudah terkenal sampai keluar negeri loh, ada banyak turis asing kesini buat ngresain ombak pangandaran main surfing” kata mas-mas yang nyewain kacamata snorkeling waktu kami udahan. Dan emang bener boi, banyak turis juga nih di sini. Selesai snorkeling perut keroncongan nih, akhirnya keluarin paraffin, kompor outdoor dan bahan yang mau di masak, makan.

Surfing di pangandaran:

Di sini kalau mau mandi atau bilas gampang kok, banyak yang nyediain kamar mandi umum, cuma bayar Rp 2000 aja. Mau makan seafood? Ada banyak café dan resto yang sedia seafood segar loh. Atau yang mau sekedar ngopi di warung yang ada di pantai, murah loh, gak seperti pantai yang lain yang biasanya pasang tarif tinggi. Soal keamanan, selain penduduknya ramah dan punya selera humor tinggi, orang-orang di sini juga baik-baik, terbukti waktu temen  aing  ada yang lupa, kunci motornya masih nyantol di motor, alhamdulilah masih ada waktu kami mau pulang.

Buat yang belum pernah ke pangandaran tenang aja boidi sini fasilitasnya lengkap loh, wah  aing  sampe kagum lengkap gini;
Lapangan parkir yang cukup luas
Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer
Gedung bioskop, diskotik
Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
Bumi perkemahan
Sepeda dan ban renang sewaan