GuidePedia

0

Ayam kremes merupakan hidangan yang banyak penggemarnya baik dijual sebagai lauk atau didampingi nasi. Ayam kremes merupakan makanan populer yang berkembang seiring dengan munculnya aneka olahan ayam.

Oleh: Yuyun Anwar
Konsultan dan Penulis Buku Kuliner Indonesia


Bahan baku berupa daging ayam juga mudah didapatkan, mulai di pasaran tradisional sampai modern. Dengan demikian, ketersediaan bahan baku terjamin. Dari sisi harga, lauk ayam sangat terjangkau jika menggunakan jenis ayam broiler yang lebih murah dibandingkan dengan ayam kampung.

Ayam kremes adalah ayam goreng yang dibumbui dan diberi taburan atau melekat dengan kremesnya.

Kremes adalah remah renyah dari tepung yang bisa menambah penampilan dan cita rasa ayam goreng jadi lebih bernilai. Kremes menjadi daya tarik tersendiri karena di samping merasakan lezatnya daging ayam, remah gurih kremes bisa menjadi teman makan.

Memulai Usaha Ayam Kremes
Untuk memulai usaha ayam kremes dapat dimulai dengan modal kecil dan menggunakan peralatan sederhana yang dimiliki di rumah. Tinggal dipilih akan menjual ayam kremes siap saji atau dalam bentuk hidangan lengkap dengan nasi atau dijual terpisah dari nasi. Ayam kremes biasanya menggunakan ayam kampung atau ayam pejantan yang relatif mahal. Jika membidik pasar kebanyakan, gunakan ayam broiler yang lebih murah.

Kremes harus dibuat yang enak, gurih, serta tahan renyah karena sensasi olahan ayam ini terletak pada kremesan. Gunakan dari bahan beras yang bermutu sehingga kremes tetap renyah. Lakukan pengukuran resep dan penambahan air yang pas. Kualitas kremes sangat dipengaruhi oleh jumlah air yang digunakan.

Usaha ayam kremes siap saji bisa lebih terlihat unik jika diberi sentuhan sambal yang enak. Pasangan ayam goreng gurih, taburan kremes, dan sambal yang cocok akan membuat menu tampil berbeda.

Kremes yang dijual di warung bisa dimulai dengan usaha kaki lima jika modal yang dimilikinya tidak terlalu tebal. Lokasi yang tepat serta segmen pasar yang sesuai membuat usaha ayam kremes cepat berkembang. Sementara itu, jika memulai dengan skala restoran perlu dipelajari lokasi yang pas serta menu tambahan lainnya. Cara lain adalah dengan memberi nilai lebih seperti pelayanan cepat dan ramah, kemasan higienis, rasa ayam, dan kremesan yang gurih dan empuk, dan sebagainya.
[sumber]


Membuat Ayam dan Kremesan
Jika ingin menekan harga, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat ayam kremes dalam ukuran kecil. Ayam dipotong menjadi 16 bagian lalu dicuci bersih. Haluskan bumbu yang tertera dalam tabel dan tumis sampai harum. Masukkan ayam dan tambahkan 600 ml air. Ungkep sampai ayam lunak selama 30–45 menit dengan api kecil. Kuah sisa mengungkep digunakan untuk penyedap kremes. Akan tetapi kuah harus didinginkan terlebih dahulu.

Adonan kremes dibuat dengan mencampur semua bahan dalam tabel. Aduk rata. Saat membuat kremes semua bahan dalam posisi dingin. Sisihkan.

Panaskan minyak goreng penuh. Celupkan ayam dalam adonan kremes, goreng sampai terendam. Ketika kira-kira satu menit atau sudah mulai sedikit terangkat ke permukaan minyak, tambahkan beberapa sendok adonan kremes tepat di atas ayam. Butiran kremes akan berpencar-pencar.

Agar hasilnya optimal lengket pada ayam butiran kremes dikumpulkan ke daging ayam dan dimasak sampai kremes kering dan ayam empuk. Angkat. Tiriskan. Ada juga yang dibuat terpisah dari ayam. Kremes baru disatukan dengan ayam goreng ketika disajikan. Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top