GuidePedia

0
Numpang share ni boi.., waktu liburan natal tahun 2010 lalu, aing balik kampung ke Palopo, Sulawesi Selatan. Waktu liburan, aing sempat ngunjungin rumah Abang di Wowandula, yang merupakan salah satu lokasi perumahan karyawan PT.INCO di soroako. Pas aing di Wowandula itu, aing di ajak ama Abang ngunjungin salah satu objek wisata disana, namanya Mata Buntu. Mata buntu ini adanya di kecamatan Wasuponda, sekitar 15 menit perjalanan naik motor dari Wawondula. Mata buntu ini merupakan objek wisata yang berupa air terjun yang bertingkat boi. Kata orang, Keunikan di obyek wisata ini adalah di undakan paling atas pengunjung dapat menemui sebuah batu berbentuk kontol (Tapi aing taunya setelah berangkat ke sana boi, jadi ga’ terlalu merhatiin mana batu yg mirip ma Mr. P), yang konon dipercaya dapat membantu bagi pasangan yang belum dikarunia anak, adapula yang meyakini sebagai tempat mengikat janji bagi pasangan muda – mudi, percaya atau tidak.

Sekitar pukul 06.30 pagi aing berangkat dari rumah abang di Wawondula dengan sepeda motor. Melewati jalan aspal berbukit, dan di beberapa bagian jalannya terjadi perbaikan sehingga kami harus lebih berhati – hati. Setelah sampai Wasuponda, kami nyari bekal dulu buat sarapan di Mata Buntu., untungnya di pinggir-pinggir jalan banyak penjual Nasi Kuning, Harganya Murah boi, Rp 5000 . Setelah beli sarapan, kami melanjutkan perjalanan kembali. Jalan yang kami lalui melewati rumah-rumah penduduk, tak beberapa lama kemudian, suasana pedesaan mulai terasa, udara pagi yang segar, dikanan kiri terlihat sawah dan kebun-kebun penduduk sekitar. Mendekati kawasan mata buntu, jalannya ternyata rusak parah.., banyak gundukan2 batu di tengah jalan, sehingga kami agak kewahalan mencari jalan yang bisa dilewati motor. Kata Abang, klo lagi musim hujan, mending jalan aja, daripada pake motor..

Setelah kurang lebih 1 jam, akhirnya kami nyampe di kawasan mata buntu. Ternyata kawasan ini belum dikelola dengan baik, tidak ada petugas yang menjaga di pintu masuk, sehingga tidak ada biaya tiket masuknya. Sementara kami melewati anak tangga yg lumayan banyak, dari kejauhan sudah keliatan air terjun mata buntu yang bertingkat-tingkat. Sumpah, keren banget ternyata.. Kurang lebih 15 menit melewati berjalan, akhirnya tiba juga di Air terjunnya, keren bgt…, sumpah..! Tanpa mikir panjang,aing langsung nyebur..

Ni boi Penampakannya....,Tempat parkir....:


Jalan menuju mata buntu...:


boi, air terjun mata buntu nya...:


Lagi boi...:


Ni boi jalan naik tadi...:


Lebih dekat boi air terjunnya...:


Ni boi, dari sudut b'beda ..:


Lagi nyante ni boi ..:


klo belum puas boi, lagi ni ..:


sekali lagi ni ..:


Ni tampak dari kolam atas boi..:

Nikmat boi ..:


Lagi sarapan ni boi, ..:



ni aing ama abang boi ..:


Yang unik dari Mata Buntu ini, selain air terjunnya yang bertingkat2, batu-batu di sekitar air terjunnya juga tidak licin, sehingga kita tidak takut terpeleset. Kata abang, airnya banyak mengandung kapur, makanya bisa seperti itu.. Pagi itu, pengunjung mata buntu dikit banget.. jadi bisa puas mandinya.. habis mandi di kolam bawah, aing di ajak abang ke atas lagi, ngelewatin pinggiran air terjun, di atas ternyata ada kolam kecil. Dari situ kita bisa ngeliat air terjunnya dari atas., ga kalah keren dah.. Jalan pulang ni boi, ..:

Setelah kurang lebih 3 jam menikmati air terjun di mata buntu, kami pun pulang., soalnya abang harus kerja, masuk siang lagi. Tapi aing bener-bener puas, soalnya baru pertama nemuin air terjun yg bagus bgt.. udah gitu gratis lagi masuknya. Mudah2an kedepannya pemerintah Wasuponda bisa lebih memperhatikan objek wisata ini, karena jika dikelola dengan baik, pasti akan semakin banyak orang yang datang mengunjungi objek wisata mata buntu, dan otomatis bisa membuka lapangan kerja baru bagi penduduk sekitar. Aboi-aboi yang ingin traveling ke daerah soroako dan sekitarnya, pokoknya harus mampir kesini, dijamin kaga bakal nyesal..

mau ? di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top