GuidePedia

0
Saya akan membahas bagaimana cara bersyukur yang sederhana dan Insya Allah nisa membuat kita tenang , apapun masalah yang kita hadapi.

1. Bacalah dalam hati sebelum tidur , ' Ya Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, terima kasih atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan kepada hamba hari ini dan sebelum-sebelumnya , semoga hamba selalu dalam lindunganMu . Amin ' .

2. Bacalah ketika bangun tidur ' Ya Allah , terima kasih hamba masih diberikan kesempatan hidup, semoga hari ini lebih baik daripada hari kemarin , semoga apa yang hamba lakukan berguna Ya Allah, amin '.

3. Saat ingin marah , ' Astagfirulloh Ya Alloh , Astagfirulloh '.

4. Saat kehilangan sesuatu , " Ya Allah , hamba ikhlas, insyaAllah ada ganti yang lebih baik ".

5. Saat sakit , ' Ya Allah , kuatkanlah hamba hadapi penyakit ini. Amin Ya Allah '.

6. Jangan lupa ibadah ( salat , mengaji dan salat sunat).

7. Bershadaqah atau berinfaq.

8. Cobalah kunjungi anak yatim.


Sebenarnya masih banyak hal lainnya , namun kebanyakan dari kita selalu mengeluh termasuk saya sendiri . Setelah saya mencoba hal - hal tersebut , yaitu setiap ada masalah , kita ubah keluhan kita , menjadi doa yang positif, saya merasa menjadi lebih tenang . Contoh , disaat kita ditipu sama teman kita atau orang lain , beberapa orang selalu mengeluh dan mengeluarkan kata - kata yang tidak pantas dan menyumpahinya , tapi alangkah baiknya jika kita mendoakannya , dan bersyukur seperti ini contohnya , ' Ya Allah semoga dia bisa menjadi orang baik . Amin . Terima kasih Ya Allah karena peristiwa tadi , hamba bisa memetik pelajaran berharga bagaimana perasaan orang lain jika hamba berbohong seperti orang yang membohongi hamba'.


Contoh lain , anda sedang jalan - jalan , tiba - tiba uang anda sebesar Rp. 50.000 hilang . Apa yang akan anda lakukan jika saya berikan kedua pilihan ini :

1. Anda akan menggerutu , yang secara langsung membuat hati tidak tenang , menangis , marah - marah tidak jelas dan membuat mood rusak , dan bukan tidak mungkin ujung-ujungnya menjadi dosa.

2. Anda akan mengikhlaskannya , dan anda berkata , ' Ya Allah , hamba sangat butuh uang tersebut , tapi hamba ikhlas jika uang tersebut memang hilang .Semoga lain kali hamba bisa berhati-hati.'

Apa yang akan anda pilih ? Saya pernah mengalami keduanya , tapi mendapatkan sensasi yang berbeda,yaitu :

1. Saya menggerutu uang saya hilang , apa yang saya rasakan ? saya tidak tenang , marah - marah dan tidak semangat dalam hal apapun .

2. Saya mengikhlaskannya dan bersyukur , apa yang saya dapatkan ? setelah uang saya hilang , saya mendapatkan rejeki yang lainnya , yang tidak pernah saya duga . Selain itu , hati saya pun tenang .

Sekarang bagaimana dengan anda, apa yang akan anda pilih ? Menggerutu atau mengiklaskannya ?:)


Sebenarnya setiap kali Allah memberikan cobaan atau musibah , berarti Allah akan mengganti hal yang buruk dari diri kita menjadi hal yang lebih baik . Jika kita bersyukur , maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik , jika kita tidak bersyukur , maka kita tidak akan pernah menemukan kebahagiaan hidup tersebut. Ibaratnya , tangan kita kosong , lalu ada teman kita yang ingin menuangkan pasir di tangan kita , jika teman kita menuangkannya secara cepat, emosi dan keras ( tidak bersyukur) maka pasir tersebut akan berjatuhan ke tanah , tapi sebaliknya , jika teman kita menuangkannya secara perlahan dan penuh cinta ke tangan kita , sudah pasti pasir tersebut akan berada di tangan kita. Jadi , semuanya ada dalam diri kita masing-masing.

Anda akan bertanya , apa manfaatnya ? Menurut pengalaman saya manfaatnya adalah membuat diri menjadi tenang , lebih bahagia , bisa memaknai hidup , menghargai orang lain , mendekatkan diri kepadaNya , berlatih hidup ikhlas dan bersyukur , seberat apapun masalah yang dihadapi , insya Allah akan selalu merasa tenang.. Walaupun sebenarnya masalah tersebut berat , tapi insya Allah , semua bisa dilewati dengan jalan keluar yang tanpa di duga - duga dan membuat kita bahagia. Subhanallah . Bersyukurlah dengan apa yang telah Allah berikan , bandingkan dengan banyak orang yang hidup lebih menderita daripada kita . Maka dari itu , mulai sekarang belajarlah bersyukur kawan .

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top