GuidePedia

0
Assalamualaikum WR.WB.
Numpang share pengalaman boi, sekalian bikin post pertama...

Hari itu, Sabtu 17 Juli 2010. Hari itu bukanlah hari biasa bagi aing karena pada hari itu merupakan pertama kalinya aing melakukan pendakian ke sebuah gunung dan gunung yang akan menjadi tujuan aing dan kawan-kawan adalah Gunung Merbabu yang terletak di Salatiga, Boyolali, dan Magelang.



Pendakian kali ini aing dan kawan-kawan memutuskan untuk lewat jalur utara yaitu Kopeng, Salatiga dan turun melalui Selo, Boyolali agar perjalanan naik dan turun bisa bervariasi. Transport dari Solo ke Kopeng bisa ditempuh dengan naik bus jurusan Solo-Semarang dan turun di Salatiga lalu transit dengan bus kecil jurusan Kopeng. Agar berhenti tepat di tempat transit hendaknya bilang kepada kondektur bus bahwa kita akan menuju Kopeng, maka kondektur akan memberitahu kita saat akan tiba. (Jangan seperti aing yang salah turun sehingga harus naik bus lagi)
Sesampainya di gapura Kopeng, ada 3 base camp yang bisa kita gunakan untuk memulai pendakian. Tiga base camp tersebut adalah Thekelan, Cunthel, dan Wekas. Kita bisa menanyakan kepada warga setempat jalan menuju base camp tersebut. Base camp yang menjadi tempat awal TS dan kawan-kawan mendaki adalah Cunthel. Perjalanan dari gapura Kopeng hingga base camp ditempuh melalui jalan berbatu yang dibuat oleh masyarakat setempat untuk memudahkan transportasi ke kebun-kebun mereka.



gunung Telomoyo


Menurut Legenda, tokoh dalam pewayangan yaitu Hanoman berada di gunung ini untuk mengawasi Rahwana yang konon katanya dikubur di bawah gunung Ungaran agar tidak bangkit kembali.




pemandangan dari gapura Kopeng-Cunthel:


Di base camp Cunthel hendaknya kita melapor kepada petugas di situ dan juga re-packing untuk lebih mempersiapkan pendakian. Informasi mengenai pos-pos selama perjalanan nanti juga ada. (Maaf g ada foto base campnya)

aing dan kawan-kawan pun memulai perjalanan ke puncak Gunung Merbabu





Cantik boi
Malamnya aing dan kawan-kawan diterjang badai kabut boi di Gunung Watu Tulis, sehingga harus bermalam di pos pemancar

Perjalanan dilanjutkan kembali paginya




Aing kefoto







Merbabu Lereng utara


Sumbing-Sindoro


Foto-foto di atas adalah foto di lereng utara Merbabu. Sayang setelah itu cuaca berkabut dan medanya terjal sampai ke puncak Kenteng Songo, sehingga teman aing tidak jeprat-jepret lagi.











Merbabu lereng selatan

Merbabu lereng selatan:


Akhirnya aing dan kawan-kawan tiba di base camp Selo dengan selamat, namun karena sudah terlalu sore maka kami memutuskan untuk bermalam di base camp saja. Itulah sedikit cerita mengenai pendakian pertama aing menuju puncak gunung.



senja di Selo

senja di Selo lagi
Aing dan kawan-kawan

cuman bertiga
Photos by Shala Syra (temen aing yang paling gondrong)
Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?