GuidePedia

0
VIVAnews – Terbentuknya komedo berawal dari penyumbatan pori-pori wajah akibat timbunan sel kulit mati, minyak atau sisa make-up yang tidak bersih. Dalam www.medicalnewstoday.com dijelaskan, biasanya komedo bermunculan di area T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak.

Ada dua macam komedo, yaitu whitehead dan blackheads. Whitehead berupa kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan. Sedangkan blackhead adalah whitehead yang menghitam karena penumpukan debu dan kotoran.

Komedo adalah tahap awal terjadinya jerawat. Jika tumpukan komedo terkena bakteri akan terjadi pembengkakan dan timbullah jerawat.

Jangan sesekali berusaha mengangkat komedo dengan memencetnya. Hal itu justru akan menyebabkan komedo terkena bakteri dan bisa terjadi jerawat. Selain itu, memencet komedo sembarangan akan membuat produksi minyak makin meningkat dan pori-pori kulit wajah membesar.

Untuk menghilangkan komedo, lakukan facial secara teratur. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan plester penghilang komedo (pore pack).

Anda juga bisa membersihkan wajah dari komedo dengan bahan yang simpel. Bahan apa saja yang bisa mengangkat komedo?

Telur
- Siapkan telur ayam. Ambil putih telurnya saja. Letakkan di mangkuk, kocok hingga berbusa.
- Ambil selembar kapas, rendam dengan putih telur.
- Tempelkan ke hidung. Biarkan sampai mengering, sekitar 30 menit.
- Setelah kering, lepas kapas secara perlahan. Komedo bandel akan menempel di kapas.
- Lalu bersihkan wajah dengan sabun atau susu pembersih dan toner.

Lemon
Buah ini bisa mengurangi produksi minyak dan menghancurkan minyak atau lemak yang sudah mengeras. Lemon juga bisa menutup pori-pori sehingga mencegah timbulnya komedo.
- Olesi wajah dengan air perasan lemon atau usapkan irisan lemon ke wajah.
- Diamkan selama 15 menit hingga kulit terasa kencang.
- Kemudian bilas air dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Daun kemangi
- Tumbuk daun kemangi hingga halus.
- Oleskan sebagai masker di bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit.
- Bersihkan masker kemangi. Bilas dengan air dingin.

Lakukan perawatan-perawatan tersebut secara teratur agar komedo tak sempat menghias wajah Anda. Jika komedo sudah lama dan membatu, lebih baik Anda pergi ke dokter spesialis untuk mendapatkan langkah penyembuhan yang tepat.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top