GuidePedia

Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.

Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). Kemungkinan besar tuyul juga sejenis alien.

Dalam dunia hiburan, tuyul muncul dalam berbagai filem komedi atau horor. Salah satu sinetron yang populer melibatkan tuyul, yaitu Tuyul dan Mbak Yul yang populer pada tahun 1990-an di RCTI dan Tuyul Millennium yang populer pada tahun 2004 di TPI. Sinetron Tuyul dan Mbak Yul tayang ulang di Lativi. Pemerannya adalah Ony Syahrial yang populer di sinetron Tuyul dan Mbak Yul dan Tuyul Millennium. Dia juga sebagai pengisi suara Crayon Shin-chan di RCTI. [wikipedia]

Kasus Penangkapan Tuyul Temanggung

Kemaren Indonesia dihebohkan oleh penangkapan 2 Tuyul di Temanggung.2 Tuyul itu meresahkan warga temanggung karna sering mencuri uang warga temanggung.

Video Dan Foto Penangkapan 2 Tuyul Temanggung

warga setempat selama ini memang sering kehilangan sejumlah uang di rumahnya. Peristiwa tersebut semakin marak dalam satu tahun belakangan. Uang warga yang hilang bisanya dalam bentuk pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu itu yang diketahui.

Video Dan Foto Penangkapan 2 Tuyul Temanggung

Dua makhluk halus yang dikenal lihai mencuri uang diringkus warga Desa Giyanti RT.03/ RW IV, Kelurahan Mujahidin, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Kondisi ini akhirnya disikapi pengurus warga setempat dengan memanggil ‘orang pintar’ alias paranormal. Hasil penerawangan sang paranormal, ternyata kasus kehilangan uang yang dialami warga adalah ulah tuyul. Perburuan mahkluk halus yang kerap digambarkan menyerupai bocah kecil itupun dilakukan.

Video Dan Foto Penangkapan 2 Tuyul Temanggung

Usai maghrib, warga bersama tiga paranormal melakukan ritual di pos ronda deket rumah sini. Hasilnya, bisa menangkap 2 Tuyul di Temanggung sekaligus Dua tuyul itu kemudian dimasukkan ke dalam botol yang diberi minyak dan dibacakan doa. Botol itu kemudian disimpan di rumah Mbah Mud dan menjadi tontonan warga setempat.

Beli yuk ?