GuidePedia

0
http://dare-toshare.com/wp-content/uploads/2014/05/logo-by-kdri.gif

Logo dalam perannya sebagai identitas tentu tidak cukup hanya mengandalkan tampilan bentuk yang memukau secara estetika, tapi logo juga harus punya makna dan filosofi yang akan terus membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Filosofi dan makna dalam sebuah logo terkadang tidak harus diutarakan secara gamblang. Logo-logo perusahaan dibawah ini adalah contoh yang baik dalam menyampaikan makna dan filosofi dengan cara tersembunyi, sehingga tetap membuat penasaran dan berkesan bagi orang yang melihatnya.



Amazon.com


Sekilas, tidak ada yang aneh dengan logo Amazon.com. Tapi coba lihat lebih teliti, garis melengkung membentuk senyuman berwarna kuning ternyata tidak hanya sebagai simbol senyum, tapi juga berarti tanda panah yang menghubungkan antara huruf a dan z. Filosofinya bisa berarti bahwa amazon.com adalah toko online yang memiliki segalanya dari a sampai z.


Fedex


Logo Fedex adalah salah satu logo yang paling terkenal dengan simbol tersembunyi. Tanda panah yang terbentuk dari penggabungan huruf E dan x sangat sempurna. Desainer logo ini memanfaatkan negative space dari tipografi dengan sangat baik.


Toblerone


Toblerone adalah perusahaan produsen coklat dari Bern, Swiss. Bern juga biasa dikenal dengan "The city of bears", yaitu kota dengan banyak sekali beruang. Mereka kemudian mengaplikasikan ide ini pada logo Toblerone. Jika dilihat lebih teliti, akan tampak siluet beruang yang berdiri dengan dua kaki pada ikon gunung.

Formula 1


Salah satu logo lain yang memanfaatkan negatife space dengan sangat cerdas adalah logo Formula 1. Kita akan menemukan angka 1 terlihat diantara huruf F dan garis-garis merah. Selain menggunakan simbol tersembunyi, logo ini juga cukup baik dalam mengkomunikasikan perasaan "cepat" dalam tampilan logo yang sederhana.

Continental


Continental adalah perusahaan yang memproduksi ban. Sekilas tidak ada yang menarik dari logo ini, sebelum kita menemukan bahwa huruf C dan o membentuk simbol ban dalam perspektif 3 dimensi.


Baskin Robbins


Logo Baskin Robbins menampilkan angka 31 melalui permainan kontras warna. Ada apa dengan angka 31 bagi Baskin Robbins? Ternyata, 31 merupakan jumlah rasa yang ditawarkan BR kepada konsumen.


Carrefour


Carrefour adalah salah satu perusahaan retail terbesar di dunia. Logonya berupa dua tanda panah yang berlawanan arah, dan ditengah-tengah, kita bisa melihat huruf C tampil dengan cantik sebagai negative space.

Sun


Logo ini sangat unik, bergaya ambigram. Dimana, pada setiap arah, kita bisa membaca kata sun. Logo Sun didesain oleh profesor Vaughan Pratt dari Universitas Stanford.


Unilever


Logo Unilever terdiri dari sekumpulan bentuk yang saling berdekatan dan membentuk huruf U. Tapi ternyata bentuk-bentuk tersebut memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh: bentuk hati melambangkan cinta & kasih sayang, burung melambangkan kebebasan, dll.


NBC


Sebagai salah satu jaringan televisi terbesar di Amerika, semua orang pasti sudah familiar dengan logo NBC. Ikon pada logo NBC berupa gambar merak yang memiliki 6 helai ekor degan warna yang berbeda-beda, melambangkan 6 divisi yang dimiliki NBC pada saat logo diciptakan. Burung merak juga melihat kearah kanan, menandakan suatu pergerakan kedepan yang berarti maju, dan tidak kebelakang yang berarti mundur.


Vaio


Sony Vaio dikenal sebagai merek laptop. Tapi apakah kamu tahu? bahwa logo Vaio yang berupa tipografi memiliki simbol yang berarti sesuatu? huruf V dan A melambangkan bentuk dasar sederhana dari pergerakan signal, sedangkan huruf i dan o mirip dengan angka 1 dan 0, yang merupakan simbolisasi dari signal dalam format digital.

Subscribe to wisben.com on blogger by Email

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top