GuidePedia

0
Istana Air Ujung, yang disebut penduduk setempat sebagai Taman Soekasada Ujung, terletak di Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Bali. Terleytak sekitar 85 kilometer dari Bandara Ngurah Rai Denpasar dan 5 kilometer dari Kota Amlapura (ibukota kabupaten Karangasem). Dibangun pada tahun 1919 pada masa pemerintahan Raja Karangasem yaitu I Gusti Bagus Djelantik yang memimpin dari tahun 1909 - 1945. Istana Air ini dibangun untuk menyambut dan menjamu Raja- raja dari negeri seberang, disamping untuk kesenangan dari keluarga Raja Karangasem sendiri.



Ujung Water Palace Karangasem







Kemegahan Istana Air Ujung rusak karena Perang Dunia ke-II ketika Jepang membongkar batangan-batangan besi Taman Ujung yang digunakan untuk memproduksi senjata, diikuti dengan meletusnya Gunung Agung pada tahun 1963. Gempa bumi juga membuat Taman Ujung mengalami kerusakan parah. Tetapi pemerintah dan Kerajaan Karangasem kemudian merenovasi kembali sebagai mana gagahnya Taman ini berdiri dahulu.







Ujung Water Palace Karangasem









Komplek Istana Air ini merupakan kombinasi arsitektur Bali dan Eropa. Terdapat tiga kolam besar di dalam areanya. Tempat peristirahatan yang bernama "Bale Gili" terletak di tengah kolam utama yang terhubung dengan jembatan pada sisi pilar tersebut dengan sebuah gardu di setiap jembatan.

Tempat peristirahatan ini terdiri dari empat kamar, dan foto dari Keluarga Kerajaan dapat dilihat di ruang tengah. Sebuah bangunan yang terdiri dari 12 pilar yang bernama "Bale Bundar" terletak di sisi barat kolam. "Bale Kambang", rumah apung terletak di kolam ke-dua, terhubung dengan tepi kolam melalui jalan kecil.





Terdapat tiga gerbang yang dapat dilalui untuk memasuki area Istana Air ini. Setiap gerbang menawarkan pemandangan tersendiri. Pengunjung yang masuk melalui gerbang barat akan disambut dengan pemandangan spektakuler dari "Bale Kapal" dan rentetan anak tangga. Gerbang selatan menawarkan jalan kecil yang berada diantara dua kolam yang bisa ditempuh dengan kendaraan. Gerbang timur merupakan pintu masuk terfavorit dari Istana Air ini dimana dilengkapi dengan sumber mata air yang mengalir.





Ujung Water Palace Karangasem



Pada puncak tertinggi kompleks ini, kita akan menjumpai patung besar "Warak" (badak). Patung kerbau terletak dibawah Patung Warak. Dari tempat ini, pemandangan mengagumkan dari laut, bukit dengan gairah dan hutan menghijau, kecantikan Gunung Agung dikombinasikan dengan sawah berundag yang hijau dapat dilihat dengan jelas.







Ujung Water Palace Karangasem



Istana Air Ujung bukan lagi puing-puing melainkan sebuah tanda kecantikan alam Karangasem







Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top