GuidePedia

0


Ali Mustofa Yaqub. ©istimewa

Wisbenbae.blogspot.com - Mantan imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Ali Mustafa Ya'qub dikenal sebagai ahli hadis. Kepergiannya merupakan duka mendalam bagi umat Islam.

"Kita semua kehilangan ahli hadis. Saya tak menyangka semua ini bisa terjadi," kata Muhammad Muzamil Basyuni, Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Kamis (28/4).

Muzamil yang saat ini tengah berada di Yogyakarta untuk menyelesaikan program S-3 di Universitas Gajah Mada (UGM) mengaku kenal betul sosok Mustafa Ya'qub.

"Antara saya dan Mustafa, sering bertemu. Kadang dia bertandang ke kediaman saya," ungkap Muzamil.

Almarhum dikenal sosok 'lepas' dan gamblang. Artinya dalam mengemukakan pendapat tak pernah ada sesuatu yang ditutupi. Namun dia pun punya kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain.

"Saya pun kadang berkonsultasi dengannya, mengenai hadis, kedudukan hadis dan ilmu lainnya," kenang Muzamil yang mantan Dubes Suriah itu.

Almarhum Mustafa Ya'qub adalah orang ahli hadis. Dia memiliki kompetensi di bidangnya. Namun dia pun di berbagai kalangan dikenal sebagai orang keras. "Padahal, di mata saya normal-normal saja. Orangnya pun baik," ujarnya. Demikian tulis Antara.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?