GuidePedia

0


Payudara merupakan organ penting pada setiap wanita. Tentunya kesehatan payudara harus menjadi perhatian khusus para wanita. Mengenal bentuk dan kondisi payudara adalah harus untuk setiap wanita. Untuk memastikan tidak ada keanehan maupun sesuatu yang bisa mengindikasi payudara tak sehat, setiap wanita khusunya di atas 20 tahun, bisa melakukan SADARI atau pemeriksaan payudara sendiri secara teratur.

SADARI atau dalam bhs Inggris disebut Breast self examination ini penting sekali dikerjakan sendiri untuk mengetahui bila ada benjolan maupun hal yg tidak wajar pada payudara sedini mungkin. SADARI bisa dilakukan sambil berdiri ataupun berbaring, di bawah ini langkah­langkah SADARI yg kami himpun dari beragam sumber.
1. Berdiri di depan cermin
– Berdirilah di depan cermin dengan keadaan tidak menggunakan baju ataupun bra
– Pastikan bahu sejajar
– Pertama­tama perhatikan bentuk, ukuran serta warna payudara.
– Letakkan tangan pada pinggang, serta tekan kuat­kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara dari sisi kiri ke kanan serta sebaliknya
– Membungkuklah di depan cermin hingga payudara menghadap ke bawah. Perhatikan serta rasakan apakah nyeri atau tidak, bisa juga dengan sembari meraba untuk memeriksa payudara
– Tautkan ke-2 tangan ke belakang kepala serta tekan dada ke dalam, rasakan apa yg terjadi mungkin nyeri dan sebagainya
– Angkat tangan kanan ke belakang kepala, kemudian dengan tangan kiri mulailah memeriksa payudara kananmu. Pakai telunjuk, jari tengah serta jari manis tangan kiri untuk memeriksa payudara sebelah kanan.
Raba serta tekan payudara kanan dengan pola melingkar, dari atas ke bawah, tengah ke samping sampai pada
area ketiak. Rasakan apakah terasa nyeri sakit maupun ada benjolan yg aneh atau tdk wajar. Lakukan hal yg sama pada payudara yg ke dua.

2. Berbaring
– Pilih tempat tidur yg mempunyai permukaan datar dan nyaman
– Sembari berbaring, letakkan guling atau bandak di bawah pundak
– Tempatkan tangan kanan dibawah kepala
– Selanjutnya dengan tangan kiri anda bisa mulai memeriksa payudara samping kanan, sama caranya dengan melakukannya sambil berdiri. Raba payudara menggunakan jari telunjuk, jari tengah serta jari manis untuk menekan payudara sebelah kanan
– Lakukan hal yang sama pada payudara yang ke dua. Apabila terjadi perubahan atau keanehan baiknya segeramemeriksakan ke dokter ahli. Selamat mencoba ladies!


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?