GuidePedia

0

Kemacetan mengular diprediksi kembali terjadi saat arus mudik memuncak mulai H-5 Lebaran 1435 Hijriyah. Kemacetan itu juga di jalur selatan Jawa Barat khususnya di penggalan jalur Cileunyi-Rancaekek-Nagreg-Gentong.

Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Kabupaten Bandung Ajun Komisaris Eko Munarianto mengatakan, pihaknya menyiapkan 9 jurus atau cara bertindak (CB) guna mengatasi kemacetan arus di jalur Cileunyi-Rancaekek-Nagreg. "Ada empat 'CB' untuk Cileunyi dan lima 'CB' untuk Nagreg,"kata dia saat dihubungi, Sabtu 19 Juli 2014.

Sembilan jurus bakal diperkuat pagar betis aparat di sepanjang jalur Cileunyi, Rancaekek, dan turunan Nagreg. Pagar betis ini demi mencegah pedagang kaki lima dan terminal bayangan supaya tak merongrong badan jalan. Juga menjaga putaran atau intersep ke jalur berlawanan. 

Jurus itu antara mencakup pengalihan arus kendaraan dari arah tol Cileunyi tujuan Sumedang. "Dengan belok kiri di perempatan Cileunyi ke jalur Pasar Sehat Cileunyi dilanjutkan ke jalur utama Sumedang,"kata Eko. Jurus ini dilakukan jika ekor antrean mobil tujuan Sumedang nyaris macet di jalur simpang Cileunyi - Cibeusi.

Selain itu pembukaan barrier simpang Cileunyi arah ke jalur Rancaekek-Nagreg. "Sehingga arus dari tol khusus tujuan Garut/Jawa Tengah bisa belok kanan langsung di simpang Cileunyi ke jalur Rancaekek - Nagreg,"kata Eko. Jurus ini digelar jika arus dari tol Cileunyi menuju Sumedang maupun Garut/Tasikmalaya/Jawa Tengah macet di jalan simpang Cileunyi-Cibeusi.

Adapun opsi ini dilakukan jika ekor kemacetan nun di jalur Nagreg-Limbangan mengular puluhan kilometer hingga perempatan Cileunyi. "Jika itu terjadi maka semua arus dari tol Cileunyi menuju Sumedang, Garut dan Tasikmalaya dialihkan ke jalur Sumedang melalu pertigaan Cibeusi,"kata Eko.

Selanjutnya, pemudik menempuh jalur Cibeusi-Jatinangor-Cadas Pangeran-i bundaran Dano/Alam Sari Sumedang-Wado-Malangbong. Setelah menempuh 75 kilometer hingga Malangbong, pemudik bisa belok kanan ke arah Garut atau lurus ke arah Tasikmalaya/Jawa Tengah.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kemacetan di jalur Cileunyi-Nagreg adalah buntut kemacetan di Limbangan dan Leles, Garut serta turunan Gentong, Tasikmalaya. Kemacetan di penggalan jalur selatan ini bakal diperparah luberan kendaraan pemudik 'buangan' tujuan Pantura yang dialihkan. Ketol Purbaleunyi gegara jalur Pantura macet total. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top