GuidePedia

0

Bekasi - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suryadharma Ali, mengaku gelisah menanti hasil penghitungan suara Pemilu. Dia berharap partainya dapat memperoleh suara melewati perkiraan yang dilakukan lembaga sigi.

Suryadharma beristirahat siang di Rumah Makan Saung Desa yang terletak di Desa Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, setelah mencoblos di rumahnya. Raut muka pria kelahiran Jakarta 57 tahun lalu itu terlihat tegang. Matanya menerawang melihat langit-langit ruangan. Dengan lambat ia menjangkau air mineral 330 mililiter yang terletak tak jauh dari tempat ia duduk. "Kalau ditanya perasaan, saat ini saya lagi gelisah," kata Suryadharma pada beberapa wartawan yang mengikutinya di Cibitung, Rabu siang, 9 April 2014.

Kegelisahan Suryadharma bukan tanpa sebab. Dari beberapa hasil lembaga survei, PPP diperkirakan hanya meraih sekitar 4 persen suara. Bahkan, survei Lingkaran Survei Indonesia menunjukkan perolehan suara PPP tak menembus ambang batas parlemen 3,5 persen. Jika angka kritis ini tak terlewati, PPP dipastikan tak bisa mengirim perwakilan ke Senayan.

Dalam kegelisahan itu, Suryadharma menyimpan harapan. Dia masih berangan-angan hasil sigi lembaga survei tersebut tak benar. "Realitas biasanya berbeda, hasil survei sering tak tepat," ujarnya.

Siang ini, Suryadharma dijadwalkan memantau hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei dari kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro. Sekitar pukul 12.50 WIB, Suryadharma pun langsung bergerak dari Cibitung menuju kantor DPP.

Tak hanya soal ambang batas parlemen, hasil penghitungan suara juga penting bagi PPP untuk menentukan arah koalisi. Menurut Suryadharma, pembicaraan soal koalisi baru bisa dipastikan setelah mengetahui hasil akhir.

Bila suara PPP besar, tak tertutup kemungkinan PPP akan mengajukan Suryadharma sebagai calon wakil presiden salah satu calon presiden. "Kalau komunikasi sekaranng ini yang dekat ya dengan Gerindra."

Pemilihan legislatif 2014 digelar serentak di seluruh Indonesia pada hari ini. Pemilihan di antaranya akan menentukan legislator yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. Exit poll yang dilakukan lembaga survei Populi Center hingga pukul 11.25 WIB memperlihatkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggungguli perolehan suara partai lain dengan 17,5 persen. Data yang terkumpul sebanyak 82 persen dari sekitar 8 ribu responden. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pernyataannya siang ini mengatakan Pemilu berjalan aman.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top