GuidePedia

Seorang warga negara Indonesia (WNI) berinisial IY (30-an tahun) dianiaya di daerah lampu merah, hiburan malam terkenal Jepang, daerah Kabukicho Shinjuku Tokyo pada pertengahan Agustus 2013. Akibatnya WNI tersebut menjadi tak sadarkan diri cukup lama. Demikian yang disampakan oleh Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Selasa pagi 4 Februari 2014.


Menurut polisi dia dipukul sebenarnya hanya satu kali, telak sekali, kencang sekali, oleh seorang mafia China di sana. Tapi karena jatuh dan kepala langsung membentur trotoar jalanan di sana, maka IY langsung pingsan tak sadarkan diri lagi dan dibawa ke rumah sakit oleh entah siapa. Pihak KBRI dapat telepon dari rumah sakit tanggal 15 Agustus malam hari.

Kronologisnya bermula saat IY yang saat itu tinggal di sebuah hotel di Yokohama, iseng main ke Kabukicho ke sebuah tempat klub malam di sana, lalu bertengkar mulut dengan seseorang yang menurut polisi adalah orang China bukan orang Jepang. Di duga orang China tersebut adalah anggota Yakuza dari China.

Daerah Kabukicho memang dikuasai Yakuza tetapi menggunakan tangan orang Korea dan China untuk mengatur pengoperasian sehari-hari. Uang hasil pemerasan disetorkan ke anggota Yakuza ke level yang lebih atas lagi.


Keributan atau pertengkaran dan perkelahian biasanya terkait uang dan salah ucap. Pihak pembeli atau tamu biasanya sering tidak konfirmasi harga di klub malam. Begitu ditagih mahal, menjadi ribut dan terjadilah perkelahian.


Pengobatan IY dibiayai separuh dari KBRI yang menghabiskan sekitar 2 juta yen dan total seluruh biaya pengobatan mencapai sekitar 5 juta yen. Sisanya dibayarkan oleh pihak keluarga IY.


Seorang anggota Yakuza di Kabukicho memperlihatkan tattoonya


bening di Kabukicho:


Sejatinya, daerah Kabukicho tak beda dengan tempat-tempat belanja lain yang terlihat aman. Banyak wanita cantik berbelanja disini. Namun dibalik keramahannya, "Yakuza" beroperasi secara diam-diam dan tak kasat mata


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Beli yuk ?

 
Top