GuidePedia




Hidup itu masalah pilihan. Antara kamu milih atau jadi yang dipilih, makan atau jadi yang dimakan, ngebasahin atau yang dibikin basah, solat atau disolatin, nidurin atau ditidurin, nyoblos atau dicoblos. Nah berhubung bentar lagi pemilu, kamu pastinya udah siap buat nyoblos dong. Buat yang nyaleg sih harus udah siap buat dicoblos, itu juga kalo ada yang mau nyoblos.

Balik soal mencoblos, kamu yang udah pernah pastinya gak bingung lagi kan tata cara mencoblos, walaupun pemilu di Indonesia sempat berubah beberapa kali gitu tata caranya. Nah, yang mungkin bingung dan butuh arahan kan kamu-kamu yang baru pertama kali nyoblos. Maka dari itu aing mau ngasih tau kamu-kamu yang pemula nih tata cara mencoblos yang benar. Biar kamu gak terjebak dalam lubang yang salah.


#Langkah 1: 17 Tahun
Pastikan kamu berusia 17 tahun. Gimana cara tau kamu udah berumur 17 tahun? Liat akte kelahiran kamu, kalau emang ternyata hitungan tahun dan kelahiran kamu benar, sekarang cek juga apakah kamu anak kandung papa dan mama kamu? Kalo bukan ya kamu tetep bisa nyoblos, sih.

#Langkah 2: Punya KTP
Kalau udah 17 tahun sih seharusnya udah punya KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang menandakan kamu sudah bisa bertanggung jawab gitu deh. Gimana cara bikin KTP? Gampang aja kok. Kamu datengin aja RT dan RW setempat, jangan lupa bawa KK (Kartu Keluarga). Abis dapet surat keterangan dari RT dan RW kamu bisa langsung cus ke Keluharan. Konon sekarang bikin KTP sih cepet dan gak pake biaya gitu deh.

Fyi, kalau udah punya KTP kamu juga udah bisa bikin SIM (Surat Izin Mengemudi) walaupun kamu belum bisa nyetir. Enak kan tinggal di Indonesia.

#Langkah 3: Dapetin Kartu Pemilih
Setelah punya KTP, berarti kamu bisa ngedaftarin diri kamu buat ikutan pemilu. Tapi sih biasanya sih orang dari Kelurahan kamu bakal ngunjungin rumah kamu buat ngedata siapa aja di rumah kamu yang udah bisa buat ikutan pemilu. Jadi kamu tinggal anteng-anteng aja, nanti tiba-tiba juga udah ada tuh kartu pemilih kamu.


kayak gini deh kira-kira bentuk kartunya

#Langkah 4: Cari Tau Siapa yang Mau Kamu Coblos
Kalo udah dapet kartu pemilih, kamu jangan keburu seneng. Karena kamu harus tau dulu siapa yang mau coblos nanti. Seperti yang aing bilang sebelumnya, kalau kamu salah coblos maka bisa bahaya akibatnya. Coba kamu cari tau calon-calon yang pengen dicoblos dan dari partai apa orang tersebut. Pemilu sekarang kan ada 15 partai, nah kamu telaah baik-baik deh. Kalau kamu berfikir mau coblos Agnez Mo atau Melody dkk, berarti kamu lagi ngimpi.

Saran aing sih ikuti feeling dan hati nurani kamu. Jangan asal coblos karena sembako, uang, teman, ganteng, cantik, sexy,hot, dan sekedar bawa embel-embel rakyat aja, karena itu bisa aja cuma bagian dari trik. Tau-tau pas kamu pilih doi malah gak mikirin kamu, korupsi, dan suka main instagram. Nah kalau kamu rasa gak ada calon yang sesuai sama hati nurani kamu, mendingan kamu berenti pada tahapan ini aja. Tiduran di rumah sambil gulingan. Tapi kalau kamu udah punya pilihan atau gak mau suara kamu nanti salah gunain, kamu bisa tengok langkah berikutnya.

#Langkah 5: Menuju TPS
Setelah ngedapetin kartu pemilih, kamu bisa langsung ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) tapi nanti ya tanggal 9 April 2014. Kalau sekarang kamu cari-cari sih belum ada. Di mana TPS kamu? Nah, itu biasanya nanti dikasih tau tuh sama RT kamu. Makanya dari sekarang kenalan deh sama RT di rumah kamu, siapa tau anaknya pak RT kece.

#Langkah 6: Tenang
Setelah sampe TPS, yang harus kamu lakukan adalah bersikap tenang. Jangan sampe ketauan kalau kamu itu pemilih baru. Kenapa? Ya gak apa-apa sih. Kayaknya kan keren aja kalau kamu tenang dan merasa siap buat mencoblos.

#Langkah 7: Daftar Ulang
Daftar ulang disini adalah buat nyari tau apakah nama kamu beneran terdaftar di TPS tersebut atau nggak. Kalau terdaftar kamu nanti langsung di kasih kertas suara. Jangan panik kalau kamu dikasih kertas suaranya lebih dari 1, karena emang yang kamu pilih itu DPR, DPRD, dan DPD. Bentuk kertas suaranya sih kecil, karena itu masih dilipet, nanti pas kamu buka jadi gede.


Kalau dibuka segede ini. Kertasnya yah bukan orangnya

Kalau nama kamu gak ada di TPS, kamu bisa tanya ke petugas pemilu di situ. Siapa tau ada kesalahan pendataan, atau bisa jadi kamu malah salah masuk TPS pacar kamu, karena kamu berjanji ngapa-ngapain selalu berdua.

#Langkah 8: Masuk Bilik
Udah dapet kertas suara, maka selanjutnya kamu bakal diarahin buat masuk ke dalam bilik pencoblosan. Biliknya gak gede-gede banget, jadi jangan berharap kamu bisa lakuin hal-hal aneh di dalem situ.


Biliknya segini doang

#Langkah 9: Berdoa
Kalau udah masuk bilik dan kamu udah tau siapa yang bakal kamu pilih sih bisa langsung buka lembaran kertas suara, cari nama calon yang kamu pengen coblos, trus coblos deh, aaaaah. Tapi kalo MBDC saranin sih mendingan kamu berdoa dulu sebelum coblos, kan katanya apa-apa harus diawali dengan doa. Coba deh tanya papa kamu pas nyoblos baca doa gak?

#Langkah 10: Coblos
Di dalam bilik disediain paku buat kamu nyoblos yang pengen kamu coblos. Peratiin, ada gak nama calon yang kamu demen. Kalo ada ya coblos, tepat di namanya. Hati-hati nyoblosnya jangan keburu napsu. Yang ada surat suara kamu rusak, dan suara kamu jadi gak sah.

Tapi kalau kamu dateng ke TPS dengan niat supaya suara kamu gak digunain yang nggak-nggak (liat langkah 4) kamu bisa coblos semuanya aja. Kalo kamu orang yang kreatif kamu bisa mencoblos hingga membentuk gambar hati, atau bisa juga kamu bawa spidol, trus curhat aja di kertas suaranya kalau kamu bimbang milih yang mana. Kamu juga bisa kok masukin nomer telepon kamu, dengan asumsi nanti yang baca surat suaranya cewek kece. Kasihan.
#Langkah 11: Masukin Kertas Suara Ke Kotak
Selesai nyoblos biasanya kamu bakal ngerasa capek dan ngantuk. Eh itu mah nyoblos yang lain. Pokoknya setelah nyoblos kamu lipet lagi tuh kertas suara, terus keluar dari bilik dan masukin kertas suara ke dalam kotak. Diperatiin baik-baik ya, karena kertas suara harus dimasukin di lubang yang benar. Maksudnya kalo kertas suaranya DPR ya berarti masukin ke kotak berlubang DPR.


Ini bukan jualan eskrim yah. Btw, gahar bener nih tongkrongannya
#Langkah 12: Nintain Kelingking
Sebelum kamu keluar dari TPS, kamu bakal disuruh buat nyelupin kelingking kamu ke tinta. Sebagai bukti kalau kamu udah nyoblos. Jadi kamu gak bisa nyoblos dua kali. Emang enak sih nyoblos berkali-kali.

#Langkah 13: Jangan Hapus Tinta
Keluar dari TPS jangan ngerasa risih kalau kelingking kamu penuh dengan lumuran tinta. Malah sebaliknya kamu harus merasa beruntung karena biasanya ada beberapa vendor minuman yang ngasih diskonan atau gratisan gitu deh kalau kamu nunjukin kelingking bertinta kamu tersebut. Enak kan nyoblos?

Kira-kira seperti itu lah tata cara nyoblos yang aing pahami. Semoga bermanfaat buat kehidupan kamu kedepannya. Kamu ada sanggahan atau penambahan? Langsung tulis aja di komen.


sumber
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Beli yuk ?

 
Top