GuidePedia


Perempuan akan mengalami beberapa perubahan di organ intim vaginanya. Lalu apa beda vagina gadis perawan dengan yang sudah pernah melahirkan?

"Melahirkan secara normal atau lewat vagina bisa mengalami jahitan di bawah dan bisa timbul jaringan parut, kalau melalui caesar tidak ada bedanya," ujar Dr dr R Muharam, SpOG(K) dari Klinik Yasmin RSCM.

Berikut ini perbedaan vagina perempuan yang masih perawan dan yang sudah pernah melahirkan yaitu:
1. Kerapatan vagina
Vagina yang perawan umumnya masih rapat, sedangkan pada orang yang pernah melahirkan akan terasa lebih longgar serta lebih terbuka daripada sebelumnya karena digunakan sebagai jalan lahir bayi.



2. Kekencangan otot
  
Pada perempuan perawan otot yang mendukung vagina masih kencang, sedang pada orang yang pernah melahirkan ototnya sedikit melemah atau kendur. Namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan senam kegel.

3. Rasa nyeri
  
Vagina yang perawan tidak ditemukan jahitan. Jika pernah melahirkan secara normal maka ada jahitan dibagian vagina bawah dan bisa timbul rasa nyeri atau sakit ketika berhubungan seksual. Namun kondisi ini akan bisa membaik dalam beberapa waktu.

4. Vagina kering
Pada beberapa perempuan yang pernah melahirkan, vagina akan terasa lebih kering karena terkait dengan rendahnya kadar estrogen dalam tubuh. Beberapa ahli menuturkan umumnya perempuan yang menggunakan kontrasepsi hormonal cenderung vaginanya lebih kering.




Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI ! 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top