GuidePedia

0
Major Guenther Rall

Selama PD II tercatat Luftwaffe punya 2.500 aces, seorang pilot yang berhasil menembak jatuh lebih dari lima pesawat lawan. Urutan pertama dipegang Major Erich “Bubi” Hartmann dengan skor 352 pesawat. Masih bermain di angka 300, dibawahnya masih ada Major Gerhard Barkhorn. Berikut sejumlah ace Luftwaffe lain.

lnilah gambaran pilot jagoan yang pernah mencicipi bangku sekolah tinggi. Lahir di Gaggenau, 18 Maret 1918, Rall sempat berguru di War College, Dresden. Karirnya di Luftwaffe dimulai 1938 dibawah bendera satuan pemburu JG 52. Talenta sebagai pilot tempur jagoan mulai ketara dalam Battle of France. Dalam pertempuran udara itu is berhasil merontokkan musuh pertamanya. sebuah Curtiss Hawk 75A. Keberuntungan tak selalu berpihak pada Rall. Ketika meraih skor 36 pesawat, ial tertembak.



Akibat luka punggung yang diderita, separuh tubuh Rall sempat lumpuh. Namun itu bukan pertanda karirnya sebagai pilot tempur juga ikutan lumpuh. Terbukti, Agustus 1942, is kembali beraksi. Sejak saat itu prestasinya mulai tak terbendung hingga mencapai skor 275 pesawat lawan. Sukses Rall terhenti 1944 ketika Bf 109G-5 Gustav yang diawakinya dikeroyok lima P-47 Thunderbolt (dua berhasil dirusak). Beruntung. walau pesawatnya jatuh ia berhasil lolos dari maut. Begitu perang usai Guenther Rall kembali menjadi anggota Luftwaff dengan pangkat terakhir generalleutenant.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top