GuidePedia

0
Dataran Tinggi Dieng

Dengan kondisi suhu udara di Dieng yang sangat dingin malah membuat istirahat saya nggak nyenyak. Badan menggigil kedinginan meskipun sudah menggunakan jaket tebal, penutup kepala, dan kaos kaki. Bahkan dua buah selimut yang ada di kamar penginapan saya gunakan sekaligus tapi juga masih tembus. Hidung mulai meler dan sakit, kepala juga begitu. Sepertinya terjadi gejala mountain sickness. Padahal baru di ketinggan 2.000 meter di atas permukaan laut, gimana kalau lebih. Walaupun saya sudah berada di tempat tidur sejak jam 8 malam, tapi saya baru bisa tidur terlelap sekitar jam 12 malam. Sebelum adzan subuh berkumandang saya sudah bangun karena dinginnya kembali terasa menusuk tulang. Sampai disini saya sudah nggak bisa tidur lagi. Kemudian adzan subuh berkumandang, saya bangun dan menuju ke masjid yang ada di depan penginapan untuk shalat subuh. Begitu keluar penginapan, ampuunn dinginnya.. Mau melangkahkan kaki aja berat. Mungkin suhunya sudah di bawah 10 derajat celsius. Air wudhu juga jadi kayak air es, sama persis kayak air di kulkas.

Selesai shalat balik lagi ke penginapan buat ngambil kamera kemudian lanjut jalan-jalan pagi. Mungkin saja ada hal menarik yang bisa diabadikan. Matahari belum juga muncul, beberapa orang terlihat jalan-jalan juga seperti saya. Saya mengamati tanaman yang ada di samping masjid depan penginapan. Akhirnya saya melihat sendiri embun salju yang turun di Dieng. Pada bulan Juli-Agustus memang menjadi puncak dingin di Dieng. Pada bulan ini bisa menjumpai embun es yang menempel di daun-daun tanaman pada pagi hari karena suhu di pagi hari bisa mencapai nol derajat. Meskipun menjadi hal yang menakjubkan bagi saya, namun embun es ini dibenci oleh petani karena merusak daun tanaman mereka. Alhamdulillah tidak lama kemudian matahari mulai muncul. Cuaca pagi sangat cerah dan langit terlihat sangat biru. Embun masih terlihat menyelimuti di atas lahan pertanian. Pemandangan yang benar-benar luar biasa, cantik sekali. Sayangnya rasa dingin tidak kunjung pergi. Sepertinya sekarang waktunya untuk berjemur. Hahaha..


Suka dengan postingan diatas ? Langganan aja lewat email, gak perlu buka internet bisa baca artikel terbaru di bikinblogger deh...caranya gimana ? Ya tinggal klik di sini

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top