GuidePedia

0
http://data1.whicdn.com/images/120945729/thumb.jpg
Bukan hanya manusia yang mengalami kerontokan rambut. Entah karena penyakit atau ketuaan, kondisi ini juga bisa terjadi kepada hewan juga.

Kerontokan rambut atau bulu di badan disebut juga sebagai alopecia. Bentuknya bisa bermacam-macam penyebab, seperti sebab alami (musiman atau ketuaan), disfungsi biologis (ketidak seimbangan vitamin atau mineral), mutasi genetis, penyakit atau infeksi parasit. Beberapa anjing, kucing, tikus dan marmut botak malah banyak yang sengaja dibiakkan oleh manusia.

Untungnya, hewan2 ini dan unggas2 di bawah tidak keberatan kalau bulu,rambut atau kulit mereka hilang. Bagaiman menurut aboi – apakah mereka masih menggemaskna walaupun tanpa bulu atau kulit mereka ?

Kelinci
 

Kelinci imut ini dilahirkan tahun 2009 dan langsung menjadi kejutan di internet karena botak. Untungnya, setelah tiga bulan bulu pertamanya tumbuh dan berubah menjadi normal seperti saudara1nya yang lain. (Source: teddytassen.se)

Beruang
 

Dolores si beruang termasuk beruang betina yang terserang penyakit rontok tiba tiba di kebun binatang Leipzig, Jerman. Para ahli percaya kalau ini disebabkan oleh kelainan genetik, walaupun binatang2 nya sendiri sepertinya tidak menderita. (Source: Daily Mail)
Landak

Selamat bertemu Betty, landak botak yang imut ini berasal dari Foxy Lodge rescue center, Inggris Raya. Diasepenuhnya sehat dan bahagia selain botak saja, yang penyebabnya juga nggak ada yang tahu. (Source: greatyarmouthmercury.co.uk)

kakaktua
 

Oscar adalah sekor kakaktua Maluku betina berusia 35 tahun  yang menderita sebuah kondisi yang menyerang bangsa burung – penyakit paruh dan bulu. Dia akan menanggalkan bulu-bulunya sendiri saking gatelnya. (Source: Daily Mail)

Rakun
 

Mamalia ini kadang-kadang kerasukan parasit (dari makanan ataupun jamur) yang bikin bulu mereka rontok. Ini wajar saja sih di alam liar. (Image credits: broccoli)
Tupai
 
Image credits: murph le

Tupai botak memang tidak umum; kerontokan mereka biasanya berhubungan dengan sebuah penyakit yang disebabkan oleh kutu. (Source: Daily Mail)
Marmut
Image credits: Alina Gerika

Babi kurus ii merupakan hasil pembibitan dari marmut. Karena berwarna pink , gak usah heran kalau marmut dinamain sebagai guinea pigs.
(Image credits: margaretshairlesspigs.webs.com)
Penguin

Bayi penguin botak ini dilahirkan tanpa bulu dan dibuang oleh kedua induknya di aquarium di Provinsi Liaoning, China. pare pekerja aquarium itu menyimpulkan bawha kekurangan bulu dan kondisi badan yang lemah disebabkan oleh kesulitan penernaan makanan dan penyerapan gizi. Terimakasih kepada para pemelihara mereka, karena burung ini berhasil menumbuhkan bulunya kembali seingga bisa dikenalkan lagi ke keluarganya. (Source: Daily Mail)

Tikus
 
Image credits: CSBeck

Image credits: Maxim Loskutov

Tikus tak berbulu dihasilkan oleh beberapa pengembangan kombinasi gen. Selain itu tikus tak berbulu ini membantu peneliti dengan data tak ternilai terutama pada hal sistem kekebalan tubuh yang aman dan penyakit ginjal karena kelainan genetik. (Image credits: CSBeck)
Simpanse
Simpanse, seperti monyet yang lain, kera dan manusia, kadang-kadang juga terjangkit aloopecia – sebuah penyakit yang membikin rambut mereka rontok dari seluruh badan. Makhluk2 malang ini malah menarik banyak pengunjung kebun binatang. (Image credits: RedEyedRex)

Anjing
 
Image credits: sweet mustache

Ini adalah anjing2 peru yang tidak berbulu. Machu Picchu (anak anjing berumur 4 bulan di atas ) pernah ditwrkan sebagai piaraan Presiden AS Barack Obama. Dia menjanjikan anak perempuannya binatang piaraan baru di Gedung Putih, tapi anjingnya harus yang tidak menimbulkan alergi karena anak-anak Barack obama sangat alergi hampir ke semua peranakan anjing. Anjing tak berbulu peru ini sangat ocok ke orang yang alergi terhadap bulu anjing karena mereka hampir tidak berbulu. (Image credits: Karel Navarro)
Wombat

Meet Karmann – bayi wombat piatu dari Australia. Wombat seharusnya tinggal di kantung induknya sampai ereka berumur 7 bulan. Karena dia dielamatkan dari kantung ibunya yang sedang sekarat waktu masih uur 3 bulan, makanya dia masih belum berbulu. Sekarang dia dirawat di tempat perlindungan satwa liar Melbourne. (Source: Daily Mail)
Babunn
Betina babun botak ini diketemukan di daerah pedesaan Zimbabwe. Hewan ini terkena penyakit alopecia. Karena kejadiannya di wilayah liar, penyebabnya tidak diketahui (Source: Daily Mail)
Kanguru

Makhluk mungil ini bernama Sabrina, seekor kanguru betina yang dibuang induknya di Serengeti-Park di Jerman. Hewan-hewan ini tidak bisa menumbuhkan rambutnya sendiri sampai mereka keluar dari kantung induknya. Si botak Sabrina ini selalu digendong deket dengan tubuh hangat atau diselimuti biar tetep hangat. (Source: Daily Mail)

Hamster
 
Hamster Syria botak ini mengalami kekurangan bulu karena kelainan genetik. Anak hamster botak ini hanya lahir dari induk yang mengandung gen Hairless hamster pups are only born to parents with the hairless gene, so they aren’t supposed to breed. (Image credits: The Thicket Rabbitry)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top