GuidePedia

0
 
Sebelum kita melangkah lebih jauh mari kita pelajari dasar-dasarnya dulu. Sel surya adalah suatu perangkat yang mampu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan mengikuti prinsip fotovoltaik, yaitu adanya energi foton pada panjang gelombang tertentu akan mengeksitasi sebagian elektron pada suatu material ke pita energi yang lebih luar. Sel surya terbuat dari bahan yang mudah pecah dan berkarat jika terkena air. Karena itu sel ini dibuat dalam bentuk panel-panel ukuran tertentu yang dilapisi plastik atau kaca bening yang kedap air. Panel ini dikenal sebagai panel surya.

Penggunaan panel surya untuk memproduksi listrik masih sangatlah sedikit dikarenakan biaya yang mahal dibanding pembangkit listrik tenaga fosil, yaitu sekitar sepuluh kali lipatnya untuk menhasilkan jumlah watt yang sama. Walaupun sesungguhnya tenaga matahari jauh lebih ramah lingkungan dan tidak terbatas. Ada faktor lain selain biaya yaitu tidak praktisnya panel surya, namun saat ini cara yang unik untuk mengintegrasikan energi matahari menjadi komponen arsitektur, kendaraan dan bahkan desain fashion.

Yuk langsung kita cek aja dibawah desain panel surya yang unik

Power, Water and Food in the DesertQuote:
Ini proyek ambisius buat ngubah gurun sahara yg gersangnya gak ketulungan jadi lebih hijau boi.
School Powering Solar Shade SystemQuote:
Kalo yg ini paribahasanya sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, selain bisa dimanfaatin sebagai saung juga bisa menghasilkan listrik.

Floating Solar Collecting Lily PadsQuote:
Ada juga desain panel surya yang gak makan tempat, yaitu diapungkan di sungai, ya kalo sungainya bersih-bersih sih gak masalah lah ya

Floating Energy Collecting Solar BalloonsQuote:
Ini dia yang lebih gak makan tempat lagi, panel suryanya diterbangkan ke udara pake balon.

Tool-Powering Solar Work VehicleQuote:
 
Energi dari panel surya bisa juga langsung dimanfaatin buat gerakin kendaraan gan, contohnya kayak yang diatas sel suryanya ditaroh di atap kendaraanya. Creative Solar Powered Ferry Design:
 
Masih berkaitan sama kendaraan lagi tapi yang ini lebih wah lagi, panel suryanya ditaroh di kapal ferry boi.


Canelievered Solar Power Arc DesignQuote:
Para arsitek juga gak mau ketinggalan, mereka juga gabungin panel surya di gedung-gedung seperti contoh diatas.
Sassy Solar Powered Bra Design
Yang terakhir tapi bukan yang paling akhir, ini dari segi fashion, gak perlu ane jelasin lebih panjang lah ya .

Manfaat panel pembangkit listrik tenaga surya, diantaranya :
1. Hemat, karena tidak perlu memerlukan bahan bakar;
2. Dapat dipasang dimana saja dan dapat dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan;
3. Dapat diterapkan secara sentralisasi (PLTS ditetapkan di suatu area dan listrik yang dihasilkan disalurkan melalui jaringan distribusi ketempat-tempat yang membutuhkan) maupun desentralisasi (setiap system berdiri sendiri/individual, tidak memerlukan jaringan distribusi);
4. Bersifat moduler. Kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan parallel;
5. Dapat dioperasikan secara otomatis maupun menggunakan operasi;
6. Tanpa suara dan tidak menimbulkan operasi lingkungan. Quote:Sekian thread dari ane tentang panel surya, semoga bermanfaat, bila ada kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.  
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top