GuidePedia


Tanggal 15 April 2013 Ujian Nasional (UN) digelar untuk siswa sekolah tingkat SMA. Ujian digelar selama empat hari hingga 18 April 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada ritual-ritual khusus para pelajar itu menjelang pelaksanaan ujian.

Selain belajar tekun, beberapa pelajar di daerah selalu menyempatkan diri berziarah ke makam para wali (aulia). Tujuannya untuk mendoakan para ulama kepada Allah, serta mencari berkah agar dimudahkan ketika ujian.

Misalnya pelajar di Kudus, Jawa Tengah dan Jombang, Jawa Timur. Saban tahun komplek makam Sunan Kudus dan Makan Gus Dur serta Kiai Hasyim Asyari di Jombang selalu dipadati pelajar. "Semoga diberi kemudahan dalam menjawab soal ujian," kata seorang siswa di Makam Sunan Kudus.

Lalu makam tokoh siapa lagi yang saban tahun selalu didatangi pelajar ketika menjelang UN ini? Berikut :4 Makam dengan yang Dipadati oleh Pelajar jelang UN dikutip dari:merdeka

1. Makam Sunan Kudus

Kini makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, mulai dipadati para pelajar SLTA. Mereka berziarah ke makam salah satu Wali Songo itu untuk memantapkan hati sebelum menempuh ujian nasional (UN). Seperti dikutip dari Antara, Jumat (12/4), seorang siswa SMK Duta Karya di Makam Sunan Kudus, Vania, mengaku berziarah ke makam sunan untuk menambah rasa kepercayaan diri.

"Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjawab soal ujian. Selama ini kami sudah belajar tekun, karena sejak lama dipersiapkan dengan tambahan jam pelajaran untuk mata pelajaran yang diujikan lewat UN," ujarnya.

Juru bicara Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus, Deny Nur Hakim, di Kudus mengungkapkan, pelajar yang berziarah ke Makam Sunan Kudus memang mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir."Biasanya, mereka berziarah secara rombongan bersama teman satu sekolah," ujarnya.

2. Makam Gus Dur

Kuburan mendiang mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid di komplek makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur selalu ramai dikunjungi pelajar menjelang Ujian Nasional. Rata-rata, para pelajar itu berharap agar diberi kemudahan saat mereka mengerjakan soal, dan lulus UN.

Para pelajar yang datang ke makam tersebut dari dalam dan luar Jombang. Beberapa hari ini makam Gus Dur dan makam KH Hasyim Asyari didatangi pelajar."Ada (peziarah), sama seperti biasanya," kata? Samun, salah satu pengurus Ponpes Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang, Kamis (12/4).

Kebanyakan para pelajar dari Jombang datang ke makam pagi hari dengan didampingi gurunya. Mereka secara bersama-sama membaca doa di makam mantan Ketua PBNU dan KH Hasyim Asyari tersebut. Sedangkan dari luar Jombang siang hari, kebanyakan mereka tidak menggunakan seragam sekolah.

3. Makam Syekh Mansyur

Terakhir adalah makam Syekh Mansyur di Cikaduen, Pandeglang, Banten. Siswa MA Al-Hikmah Cidangiang, Kabupaten Pandeglang,? berziarah ke makam Syekh Mansyur beberapa waktu lalu menjelang Ujian Nasional (UN) kali ini.

Seorang siswa mengatakan, dia berziarah hendak mendoakan tokoh agama yang sudah meninggal. Selain itu, dia juga berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN. "Mudah-mudahan setelah berziarah saya diberi kemudahan ketika mengerjakan soal UN nanti."

4. Makam Sunan Ampel

Makam aulia lain yang juga sering didatangi pelajar ketika menjelang UN adalah makam Sunan Ampel di Surabaya. Salah satunya adalah SMA Ta'miriyah, Surabaya, Jalan Indrapura. Beberapa waktu lalu sebanyak 153 anak, didampingi Guru dan Karyawan ziarah ke makam Sunan Ampel.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sucipto menyatakan, pelaksanaan ziarah tidak sampai satu hari. "Sebetulnya karena keterbatasan waktu, kunjungan atau ziarah ke makam Wali hanya semalam," terangnya.

Kegiatan berziarah ke makam Wali merupakan puncak acara pamungkas agenda SMA Ta'miriyah sebelum mereka menghadapi UN. Sekolah berharap pada pelaksanaan UN kali ini para siswa lulus 100 persen.
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top