GuidePedia


Kehidupan artis dengan stigma kawin cerai makin sulit dilepaskan, ketika terbukti gugatan cerai dari kalangan mereka terus bertambah. Saat sang artis menjadi Anggota DPR pun, stigma ini tetap melekat. Mereka pun 'terbawa' dalam suasana kawin cerai, meski berstatus sebagai wakil rakyat.

Memang perceraian sendiri diperbolehkan dan diatur oleh undang-undang. Tidak ada sebuah keluarga juga yang mengharapkan sebuah perceraian, apalagi dengan kondisi anak-anak yang masih balita dengan segala persoalan yang dihadapinya. Tidak dipungkiri psikis anak akan terganggu dengan perceraian kedua orang tua.

Tidak pernah terungkap secara gamblang, penyebab perceraian mereka. Namun 'riak-riak' persoalan mengindikasikan adanya ketidakseimbangan antara pihak perempuan dan laki-laki dalam berbagai aspek, kesibukan sebagai anggota dewan juga menjadi persoalan berikut:5 Artis Anggota DPR yang Rumah Tangganya Berantakan dikutip dari:kapanlagi
5. Jamal Mirdad

Pasangan artis senior Jamal Mirdad dan Lydia Kandou selama ini terlihat harmonis, bahkan mereka menjadi icon keharmonisan rumah tangga artis beda keyakinan. Rumah tangga mereka juga telah terbangun selama 27 tahun dengan kesuksesan masing-masing di dunia politik dan hiburan, sehingga semua berpandangan 'tidak mungkin' bercerai.

Namun pandangan itu menjadi pupus, saat Lydia Ruth Elizabeth Kandou menggugat anggota DPR RI dari Partai Gerindra itu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Maret 2013. Sidang perdana mereka baru akan digelar 18 April 2013.

Kenyataan itu menambah daftar para anggota DPR berlatar belakang artis yang rumah tangganya berahir dengan perceraian. Belum jelas penyebab pasti perceraian mereka, diduga faktor kesibukan Jamal Mirdad membuat sang istri tidak mendapat banyak perhatian. Sempat muncul juga isu adanya orang ketiga dan persoalan keyakinan mereka. Namun hingga kini belum diperoleh klarifikasi dari yang bersangkutan.
4. Venna Melinda

Artis sekaligus politisi Partai Demokrat Venna Melindamenggugat cerai suaminya, Ivan Fadilla Soedjoko. Gugatan dengan nomor perkara 502/Pdt.G/2013/PAJS itu, diajukan pada 22 Februari 2013 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Vennayang memiliki dua anak ini masuk dalam daftar yang kesekian, artis yang gagal dalam rumah tangga, dan menjadi orang nomor empat anggota DPR berlatar belakang artis yang cerai.

Sidang perdana mereka baru digelar pada 18 Maret 2013 mendatang, dan kedua belah pihak telah sepakat untuk berpisah. Namun hingga kini kedua belah pihak merahasiakan penyebab perceraian mereka.

3. Wanda Hamidah

Rumah tangga artis yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Wanda Hamidah juga berakhir perceraian. Anggota DPRD DKI Jakarta itu, mengajukan gugatan cerai atas suaminya, Cyril Roul Hakim atau Ciko.

Wanda mengajukan gugatan pada 3 Agustus 2012 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dengan nomor perkara 1754/Pdt G/2012/PAJS. Tidak jelas penyebab gugatan tersebut, namun mereka sudah tinggal berpisah.

Sempat muncul gosip adanya orang ketiga, namun hal itu dibantah dan tidak pernah terbukti. Selain itu juga sempat beredar kalau Wanda terlalu sibuk dengan urusan politik, apalagi saat itu menjelang pemilihan Pemilihan Gubernur Jakarta, di mana Wanda sempat masuk dalam kandidat untuk menjadi calon.

Wanda dan Ciko yang menikah pada 2001, resmi diputus bercerai dalam sidang Rabu (7/11/2012). Sementara soal anak, mereka sepakat mengasuh bersama ketiga buah hati mereka.

Hingga kini Wanda masih hidup sendiri, dan belakangan dikabarkan memiliki hubungan dengan presenter muda Raffi Ahmad. Wanda pun ikut terjaring saat dalam operasi narkoba di rumah Raffi Ahmad yang dilakukan oleh BNN.

2. Tere

Artis Theresia Ebenna Ezeria Pardede atau Tere menggugat cerai suaminya Eka Nugraha ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 3 Januari 2012. Tere yang saat itu masih anggota DPR RI, resmi menjanda, setelah keluar vonis dari Pengadilan Agama, Senin (27/2/2012).

Tidak berselang lama, tepatnya pada 21 Mei 2012, Tere mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPR RI. Namun pengumuman resmi mundurnya Tere baru disampaikan ke publik, Jumat (1/6). Tere saat itu juga mundur dari Partai Demokrat, yang mengusungnya.

Alasan utama yang mendasari langkahnya itu adalah kondisi keluarga, dia ingin mengurus orang tuanya. Tere sendiri mengaku sudah menjalankan tugasnya sebagaimana visi dan misi yang dijanjikan saat kampanye.

Sempat berhembus kabar bahwa perceraiannya dengan suaminya, Eka Nugraha juga disebabkan karena Eka tidak bisa menerima profesi Tere sebagai wakil rakyat, yang sangat menyita waktunya.

1. Rachel Maryam

Artis yang juga anggota DPR RI dari Partai Gerindra Rachel Maryam Sayidina atau Rachel Maryam mengajukan gugatan cerai atas suaminya saat itu, Muhammad Akbar Perdana. Gugatan dengan nomor 0750/Pdt.G/2010/PA.Selatan itu didaftarkan pada 7 April 2010 oleh kuasa hukumnya.

Sempat berkembang gosip kalau Rachel berselingkuh dengan sesama anggota DPR, namun kabar tersebut dibantah. Sejumlah nama muncul dan terbukti memiliki kedekatan, meski tidak pernah terbukti mereka sebagai pasangan selingkuh.

Namun dalam keterangan Ebes, panggilan Muhamad Akbar Pradana, diungkapkan kalau istrinya banyak mengalami perubahan setelah menjadi anggota DPR. Bahkan dia pernah menyarankan Rachel untuk mundur, namun tidak pernah dipenuhi.

Rachel menikah dengan Ebes pada 25 Juli 2005. Keduanya dikaruniai anak bernama Muhammad Kale Mata Angin yang lahir pada 29 Juli 2006. Rumah tangga mereka akhirnya resmi bubar setelah pengadilan agama mengeluarkan vonis pada Rabu (13/10). Sementara hak asuh anak jatuh ke tangan Rachel Maryam, dengan alasan sang anak masih di bawah 2 tahun.


Rachel telah kembali menikah dengan pria pengusaha, Edwin Aprihandono menikah, 16 Desember 2011. Dia pun tetap duduk sebagai anggota DPR dan juga tetap berkarir di dunia entertainment.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI ! 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top