GuidePedia


Beberapa varian mobil dari brand tertentu, terkadang tampak mirip dengan varian dari brand lain. Hal itu bukanlah sesuatu yang baru di dunia otomotif. Memang, kerja sama antara pabrikan otomotif acapkali terjadi, dalam memproduksi varian tertentu.

Kerja sama antara pabrikan mobil itu dilakukan dengan berbagai tujuan. Seperti misalnya sebagai penyempurnaan teknologi yang dimiliki masing-masing pabrikan, untuk berbagi pasar, menekan biaya produksi, dll.

Lantas, kenapa mereka susah-susah berkolaborasi jika nantinya pun menghasilkan dua varian dengan merek yang berbeda? Bukankah sebaiknya mereka memproduksi satu varian saja, yang tentunya bisa lebih menghemat ongkos produksinya?

Pertanyaan tersebut tentunya menggugah logika kita. Namun, kita tak boleh menutup mata terhadap fanatisme yang dimiliki oleh masing-masing konsumen mobil tertentu.

Walau sama alias identik di banyak sektor, seperti mesin dan platform, namun tetap saja emblem membawa pengaruh.

Nah, berikut ini ada 14 pasang mobil-mobil kembar identik, yang berbeda merek,dikutip dari Otosia:

1. Scion FR-S/Subaru BRZ


Si kembar identik yang barusaja diluncurkan dan menjadi buah bibir adalah sedan kupe sport baru, yang merupakan kolaborasi Toyota dan Subaru. Banyak hal yang menjadi kesamaan dari kedua mobil ini, kecuali pada nama yang benar-benar berbeda.

Cover bemper depan masing-masin varian sama sekali berbeda, di mana Scion (di Indonesia bernama Toyota 86) memiliki label bertuliskan '86' pada fender depan. Sementara di dalam, perangkat tambahannya pun berbeda.

Namun keduanya berbagi teknologi mesin, dengan paduan mesin 2.0 liter milik Subaru yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 200 hp dengan dukungan sistem injeksi Toyota.

2. Toyota Avanza/Daihatsu Xenia




Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama Mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo pada 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama 'Avanza' berasal dari bahasa Italia 'Avanzato', yang berarti 'peningkatan'.

Versi khusus dari Avanza (Tipe S) diluncurkan pada akhir 2004, menggunakan mesin dengan pengaturan katup variabel VVT-i Toyota. Peluncuran versi ini juga ditujukan sebagai 'Test Market' bagi rencana pengembangan All Avanza-Xenia VVT-i dan Automatic Edition. Edisi khusus ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis. Hanya 200 unit Avanza Tipe S yang diproduksi.

3. Toyota Rush/Daihatsu Terios


Daihatsu Terios adalah sebuah mobil SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga terdapat versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush.

Daihatsu atas persetujuan Toyota menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua untuk model ini. Daihatsu Terios diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah Jepang, dengan jenis short wheelbase.

Pada akhir 2006 PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia meluncurkan versi long wheelbase (versi panjang) pertama kali di pasar global dengan kapasitas tujuh penumpang dewasa. Mobil ini dilengkapi dapur pacu berkode 3SZ-VE 1.500 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 hp/5.500 rpm dan torsinya 145 Nm/4.000 rpm.

4. Suzuki APV/Mitsubishi Maven


Mitsubishi Maven adalah sebuah MPV yang dijual oleh pabrikan otomotif Jepang Mitsubishi Motors di Indonesia sejak 15 September 2005. Bekerjasama dengan Suzuki Indonesia, Maven merupakan penamaan ulang dari Suzuki APV dengan sedikit perubahan eksterior dan mesin.

Diproduksi oleh Suzuki, Maven tersedia dengan 2 tipe, yaitu GLX (standar) dan GLS (tipe teratas), keduanya menggunakan mesin bensin 1.5L 4G15 4 silinder segaris injeksi bertenaga 64 kW (87 PS; 86 hp)/5,500 rpm milik produk Mitsubishi Indonesia lainnya yaitu Colt T120 SS. Mesin ini disuplai oleh PT. Krama Yudha Motors & Manufacturing.

5. Toyota Agya/Daihatsu Ayla


Toyota Agya adalah mobil murah yang didesain oleh Daihatsu dan diproduksi di Indonesia. Daihatsu mendesain dan membuat mobil ini, serta dijual dengan merek Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Diperkenalkan pertama kali di International Indonesia Motor Show 2012, Agya masih belum diluncurkan ke dealer untuk dijual.

Agya dan Ayla adalah jawaban dari Astra, Toyota dan Daihatsu, bagi rencana Pemerintah Indonesia yang akan menelurkan regulasi mobil murah (LCGC). Agya dan Ayla menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Aygo, Peugeot 107 dan Citroen C1.

6. Chevrolet Trooper/Isuzu Panther


Isuzu Trooper adalah SUV menengah yang diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Jepang, Isuzu, antara tahun 1981 hingga 2005. Varian ini diekspor ke beberapa negara dengan label Isuzu Bighorn, Isuzu Trooper, Isuzu Trooper II, Caribe 442, Acura SLX, Chevrolet Trooper, Subaru Bighorn, Honda Horizon, Opel/Vauxhall Monterey, Holden Jackaroo, dan Holden Monterey.

7. Mitsubishi L300/Isuzu Bison


PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan produk barunya yang diberi nama Isuzu Bison. Bentuknya mirip Mitsubishi L300, karena memang ini merupakan produk kolaborasi Isuzu dengan Mitsubishi.

Karena memang hasil kolaborasi maka konsumen Isuzu Bison tak perlu khawatir lagi masalah ketersediaan suku cadangnya karena sebagian besar bisa menggunakan produk L300. Apalagi suku cadang mobil niaga andalan Mitsubishi ini terkenal mudah dalam mendapatkan suku cadangnya.

Perbedaan kedua kendaraan ini ada pada bagian transmisi dan final gear, yakni Isuzu Bison menggunakan gigi-gigi yang lebih kecil dibanding L300. Mesinnya menggunakan dapur pacu Panther 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection yang telah terbukti ketangguhan serta keiritan bahan bakarnya.

8. Toyota Matrix/Pontiac Vibe


Bahan-bahan penyusun kedua mobil ini jelas berbeda, termasuk juga pabrik pembuatnya. Pontiac dibangun di Fremont, California, dari tahun 2003 hingga dihentikannya produksi Vibe di tahun 2009.

Untuk produksi Matrix dilanjutkan ke pabrik Toyota di Ontario, Kanada. Beberapa tahun kemudian Toyota memboyong Vibe ke Jepang, dengan menggunakan label Voltz.


9. Isuzu Oasis/Honda Odyssey


Minivan Honda saat ini telah mengikuti 'pakem' yang telah umum, yakni adanya pintu sliding di belakang dan ruang interior yang luas. Tak seperti saat Odyssey diperkenalkan pada 1994, yang mana pada dasarnya adalah sedan Accord berukuran tinggi dengan empat pintu swing. Walau memiliki tiga deret bangku dan berkapasitas 6 penumpang, tapi tetap saja menggunakan platform sedan.

SUV di masa sekarang umumnya dibangun berbasis truk dan Honda tak memiliki model truk. Oleh karenanya, Honda mencoba menawarkan minivannya ke Isuzu pada 1996. Tujuannya adalah untuk menembus pasar Amerika Utara.

Alhasil, generasi pertama Odyssey dilabeli sebagai Oasis oleh Isuzu. Penjualan Oasis berlangsung hingga 1999.

10. Isuzu Rodeo/Honda Passport


Saat model truk 'compact' berbasis SUV naik daun di tahun '90-an, Honda sepakat untuk menjual truk 'compact' SUV Rodeo milik Isuzu, dan melabelinya dengan Honda Passport. Isuzu Rodeo dan Honda Passport adalah identik, hanya berbeda label.

Walau kemudian Honda tak melanjutkan produksi Passport di tahun 2002 karena penjualan yang sangat minim.

11. Saab 9-7x/Chevrolet Trailblazer


Para pengamat mempelajari kematian dari Saab, sebagai inovator di sektor keamanan, emisi, performa dan gaya. Salah satu kesimpulan yang mereka ambil adalah dari gagalnya penjualan Chevrolet TrailBlazer yang dilabeli merek Saab.

Akan sangat susah untuk meng-upgrade bahan-bahan interior dan memodifikasi Saab 9-7x, dengan mengambil bagian-bagian dari Chevy, GMC Envoy, Oldsmobile Bravada, Buick Rainier, dan Isuzu Ascender. Baik itu mengganti label saja, atau menggunakan produk yang persis sama. Para pembeli tak akan terkecoh oleh hal itu.

12. Buick Regal/Opel Insignia



Opel Insignia merupakan kendaraan sedan yang diproduksi oleh perusahaan Jerman, Opel sejak tahun 2008 untuk pasaran Eropa menggantikan Opel Vectra. Opel Insignia pertama kali diluncurkan tahun 2008 dengan kendaraan 4 pintu. Mobil ini dirakit di dan Rüsselsheim, Jerman.


13. Suzuki Equator/Nissan Frontier



Kedua pikap ini sama-sama didesain oleh Nissan, walau untuk versi Suzuki diperkenalkan di awal 2008, saat Nissan membuat perubahan kecil pada grille depan Frontier-nya. Frontier dibangun di pabrik-pabrik yang tersebar di 13 negara berbeda, dengan menggunakan nama yang berbeda pula. Salah satunya adalah Dongfeng Rich Pickup.

14. Audi A4/Volkswagen Passat



Volkswagen Passat adalah sebuah mobil keluarga besar yang diproduksi oleh Volkswagen Passenger Cars sejak tahun 1973. Dalam jajaran mobil Volkswagen saat ini, Passat berada di antara Volkswagen Golf / Volkswagen Jetta dan Volkswagen Phaeton. Di banyak negara lain, mobil ini juga diberi merek Dasher, Santana, Quantum, Magotan, Corsar dan Carat.


 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top