GuidePedia

PILOT juga manusia, yang butuh tidur dan istirahat apalagi bila menjalani penerbangan panjang. Ada bagian di pesawat tempa pilot biasa tidur.

Tempat tidur pilot di pesawat

Salah satu contoh yang bisa Anda lihat untuk mengetahui tempat pilot tidur adalah pada armada A380 maskapai Qantas. Ruang istirahat pilot pada pesawat besar ini berada di dalam pintu pertama kokpit yang berdekatan dengan lounge kelas bisnis. Di sisi lain terdapat toilet dan sisi lainnya adalah dua kasur untuk tidur.

Ruang tidur pilot bukanlah ruangan mewah. Hanya ada kasur biasa, sebuah tempat duduk, fasilitas hiburan penerbangan, dan pengatur pendingin udara.

"Ukuran kasurnya lumayan besar, pas untuk lelaki dewasa meski kadang pilot yang lebih tinggi agak kesulitan," kata Kapten Richard Woodward, pilot maskapai tersebut, seperti dikutip dari News, Selasa (23/4/2013).

"Kasur ini terbuat dari busa setebal tiga inchi. Saat tidur, pilot juga mengenakan sabuk pengaman untuk berjaga bila pesawat terguncang," tambahnya.

Ruangan ini tidak kedap udara. Pilot yang sedang istirahat di dalamnya bisa mendengar suara penumpang berbicara di luar, suara staf kabin, dan bunyi-bunyian sinyal pesawat. Karena itu, kebanyakan pilot mengenakan penyumbat telinga saat tidur.

Tidur dalam penerbangan sebenarnya tidak sepenuhnya melepas kelelahan pilot. Mereka melakukannya agar punya kekuatan lebih untuk melawan rasa lelah sambil penerbangan diambil alih ko-pilot ataupun mesin mekanik.

"Terutama karena kami melakukan penerbangan jarak jauh dan tinggal di satu tempat dalam jangka waktu yang pendek, sehingga waktu tidur sebentar di pesawat sangatlah penting," tukasnya.
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top