GuidePedia



Jakarta, Pola makan yang sehat bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit-penyakit kronis yang mematikan. Namun memiliki obsesi berlebihan untuk selalu makan sehat juga tidak selalu aman karena memicu gangguan orthorexia.

Gangguan pola makan ortorexia terbilang baru di dunia kesehatan. Pengidapnya sangat terobsesi untuk mengonsumsi hanya makanan sehat, diolah dengan sangat higienis, bersih dan dengan pengaturan diet yang sempurna baik untuk urusan takaran maupun jadwal makan.

Belum banyak penelitian yang mengungkap penyakit ini, namun beberapa studi menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan mengalaminya. Mungkin karena perempuan lebih banyak dituntut untuk memiliki berat badan ideal, serta bentuk tubuh yang menarik di mata pasangannya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan diet dan pengaturan pola makan, sejauh programnya diatur dengan baik. Masalahnya adalah, ketika hal itu telah menjadi obsesi yang berlebihan makan stres adalah dampak negatif yang mau tidak mau harus dihadapi.

"Menempatkan diri Anda dalam stres mental secara reguler bisa memicu stres hormonal seperti gangguan kortisol dan adrenalin," kata seorang pakar nutrisi, Jennifer Iserloh seperti dikutip dari FoxNews, Senin (25/3/2013).

Normalnya, kedua hormon yang disebutkan oleh Iserloh tersebut hanya dilepaskan dalam jumlah banyak ketika menghadapi situasi yang mengharuskan tubuh untuk memberikan aksi seketika. Kedua hormon ini akan memacu suplai energi yang dibutuhkan.

Saat orang berada dalam kondisi sangat terobsesi terhadap apapun, maka situasi yang memicu pelepasan kedua hormon ini akan selalu ada. Dalam jangka panjang, dampaknya bisa mengganggu sistem pencernaan, pertumbuhan dan bahkan sistem reproduksi.

Selain itu, Iserloh juga mengingatkan bahwa orang-orang yang memiliki obsesi berlebihan untuk makan sehat kadang-kadang justru mengalami ketidakseimbangan nutrisi. Diet dan pembatasan makanan yang terlalu ketat bisa menjauhkan seseorang dari sumber nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

sumber

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top