GuidePedia

0

Ratusan tempat sampah yang dipasang di beberapa titik strategis, di Bangkalan, Madura, raib dicuri. Kejadian ini bisa mengancam kebersihan dan keindahan kota.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan, Yulianto menyatakan, dalam kurun waktu 2010 ini, pihaknya sudah melakukan dua kali pemasangan tempat sampah, yang tersebar di beberapa titik kota.

Dalam satu kali pemasangan, jumlah minimal sebanyak 300 unit tempat sampah, sehingga jumlah total yang dipasang ada 600 unit. “Dari jumlah yang kami pasang, sekitar 50 persen lebih sudah hilang. Ya, kemungkinan besar sudah pindah tangan (dicuri),” ujarnya di Madura, Selasa (28/9/2010).

Yulianto menjelaskan, tempat sampah yang dipasang terbuat dari ban bekas yang sudah dimodifikasi menjadi sedemikian rupa mirip tong, termasuk dicat sehingga nampak layak dan elegan menjadi tempat sampah. Sebagian besar, tempat sampah ditaruh di pinggir jalan, berdekatan dengan toko atau tempat keramaian.

Dari hasil pantauan yang telah dilakukan oleh pihaknya, ternyata hampir sebagian besar tempat sampah sudah raib. Dia mengaku belum tahu secara pasti kenapa tempat sampah tersebut raib, cuma besar kemungkinan telah berpindah tangan ke beberapa orang yang tak bertanggung jawab.

“Kalau secara pasti, kami belum tahu apakah dicuri atau dibuang. Cuma, sebagian besar sudah tidak ada di tempat,” tegas Yulianto.

Dia menegaskan, akibat banyaknya tempat sampah yang raib tersebut, kini sudah mulai banyak sampah yang keleleran di pinggir jalan. Petugas yang mengangkut sampah, termasuk memungut langsung sampah yang berceceran, baik itu sampah yang kategori kering dan basah.

“Beban kami semakin bertambah. Dulu langsung ngangkut sampah dari bak, kini malah memungut satu per satu,” tegasnya.

Yulianto berharap, peran serta warga khususnya untuk menjaga dan melestarikan tempat sampah ditingkatkan. Sebab, itu sangat penting untuk menjaga dan melestarikan kebersihan sekitar. Apalagi, dalam ajaran agama Islam sudah jelas, bahwa kebersihan itu sendiri merupakan bagian dari iman.

Sementara itu, salah satu warga kota Bangkalan, Purwanto, menyatakan ada beberapa penyebab hilangnya tempat sampah yang ada di kawasan kota. 

Selain memang sengaja dicuri, kemungkinan besar memang ada yang rusak dan oleh warga sekitar dibuang karena tidak bisa dipakai.

“Tidak semua dicuri, paling-paling ada yang rusak dan dibuang begitu saja oleh warga,” ucapnya.(Subairi/Koran SI/ful)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?