GuidePedia

0



Siapa nama guru anak Anda dan di mana Anda meletakkan kunci?

Jika Anda ingin dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk meningkatkan kemampuan ingatan Anda, pasti bisa.

Kami sudah berbicara dengan para ahli dan mengompilasi pemikiran terbaru pada peningkatan otot dalam otak Anda yang berhubungan dengan ingatan berikut ini.

1. Bicara dengan Tangan Anda.

Menurut Jeff Brown, PsyD, ABPP, salah satu penulis The Winner’s Brain, ini mungkin kedengarannya aneh, tapi melambaikan tangan dan menunjuk ketika mencoba untuk mempelajari konsep dapat membantu otak Anda ingat sesuatu yang penting.

“Gerakan tangan adalah cara yang tepat saat Anda belajar dapat membantu ketika mengingat konsep. Idenya adalah Anda menyimpan setidaknya dua jenis informasi yang berbeda tentang sesuatu yang Anda harus ingat,” katanya.

Cara untuk mencoba. Bila Anda baru saja mengingat nama seseorang, “menulis” itu di atas telapak tangan Anda dengan jari. Atau menulis di udara nama toko grosir atau mall membantu anda mengingat toko yang perlu singgahi saat berbelanja.

“Tindakan menulis huruf di telapak Anda (diam-diam, tentu saja) dapat membantu otak Anda mengingatnya,” kata Dr Brown.

2. Jauhi Stress

“Belajar untuk tenang dan tidak tergesa dapat membantu otak Anda cukup signifikan,” kata Elizabeth Lombardo, PhD, PT, seorang psikolog dan ahli terapi fisik di Wexford, Pennsylvania, penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness.

Menurutnya, cara terbaik untuk meningkatkan ingatan Anda adalah mengurangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang mengalami stres kronis, hipokampus mereka (bagian dari otak Anda yang bertanggung jawab atas ingatan) menyusut ukurannya.

Pada kenyataannya, sebuah studi 2007 di jurnal Neurology oleh para peneliti di Rush University Medical School menemukan bahwa orang yang mudah tertekan dan emosi negatif lebih mungkin untuk menderita masalah ingatan daripada orang yang lebih santai.

Bagaimana cara mengurangi stres Anda? Pertimbangkan mendelegasikan lebih banyak tugas di tempat kerja, bersihkan kegiatan sosial Anda akhir pekan (tidak ada yang salah dengan tidak memiliki jadwal apa-apa di kalender!) dan membersihkan hubungan negatif dari kehidupan Anda.

3. Banyak Tidur

Anda pernah mendengar orang barat berkata, “Sleeping on it!” Ketika Anda menghadapi masalah atau keputusan yang sulit, bukan? Nah, tidur yang nyenyak dapat juga membantu Anda meningkatkan memori.

“Tidur sangat penting untuk konsolidasi memori, mendapatkan setidaknya enam jam tidur nyenyak dapat memunculkan hal baru dalam mengingat kembali informasi,” kata Dr Brown.

Tapi ada catatan penting. Caranya langsung tidur tanpa memasukkan informasi baru atau kegiatan apa yang ingin Anda ingat dan pergi tidur saja. Sebelumnya tidak membaca, tidak nonton TV, tidak ada seks, tidak ada musik.

4. Makan Lebih Banyak Buah-buahan dan Sayuran.

Makan bayam, wortel dan kacang polong tidak hanya baik untuk tubuh Anda, baik juga untuk memori Anda. Sebuah studi Harvard baru-baru ini menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran memiliki penurunan fungsi otak lebih lambat ketika mereka berumur.

“Studi-studi lain, seperti salah satu diterbitkan dalam Farmakologi, menunjukkan bahwa nutrisi penting meningkatkan otak dalam produksi tertentu, seperti quercetin dan antosianin, dapat mengembalikan kehilangan memori,” ujar Tosca Reno, seorang ahli kesehatan dan kebugaran serta penulis buku terlaris The Eat-Clean Diet.

Anda dapat menemukan senyawa-senyawa dalam sayuran, seperti kubis Brussel, brokoli dan kubis, serta sayuran hijau, termasuk kubis, bayam dan lobak Swiss. Juga buah-buahan warna-warni seperti berry, apel merah, terung dan anggur-warna cerah indikasi meningkatkan otak, mengandung antioksidan.

5. Bergabung dengan Klub Buku

Menurut Sandra Bond Chapman, PhD, membaca tidak hanya membesarkan otak Anda, mendiskusikan apa yang telah Anda baca dapat meningkatkan memori dengan cepat sekali. Bahkan dapat membantu memperkuat fungsi lobus frontal otak Anda.

“Lobus frontal adalah daerah terakhir dari otak yang meningkat, tapi yang pertama menurun seiring usia,” jelas Dr Chapman.

Untuk memperkuat fungsi lobus frontalis, lebih aktif dalam kegiatan berpikir untuk menafsirkan apa yang Anda baca dalam buku, membahas ‘pesan besar’ dalam buku ini dan melihat berapa banyak makna yang Anda dapat darinya.

6. Meditasi

Sebuah penelitian baru dari University of North Carolina menunjukkan bahwa latihan meditasi singkat membantu kognisi dan keterampilan untuk berpikir kritis.

“Penelitian menunjukkan bahwa latihan meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian-bagian tubuh, termasuk otak dan khususnya daerah memori,” sebut penelitian itu.

Satu studi menemukan bahwa objek yang diujicoba tumbuh sel-sel otak baru di dentate gyrus (bagian dari hippocampus yang dapat mempengaruhi penurunan memori seiring bertambahnya usia). Selain itu anda bisa mencoba latihan meditasi yang juga berfungsi sebagai pemurnian tubuh

7. Menghirup Rosemary

Parsley, sage, thyme baik untuk aromatherapy. Namun untuk meningkatkan memori, rosemary adalah rajanya. Dalam penelitian terbaru, peneliti Inggris melihat aroma dan bagaimana mereka terdorong atau terpengaruh dari situasi mental. Mereka menemukan bahwa pekerja kantor yang biliknya diresapi dengan aroma rosemary memiliki memori jangka panjang lebih baik dibandingkan dengan diberi wewangian lainnya.

“Ada minyak esensial lain yang dapat membantu memori, namun rosemary adalah yang terbaik dan paling ekonomis,” kata Cher Core, sebuah aromatherapist di Boston.

Minyak esensial rosemary membaur di udara, atau bisa juga memakainya sebagai parfum, gunakan penyegar udara rosemary dan banyak lagi. Ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang belajar dan orang yang membutuhkan bantuan meningkatkan memori, fokus dan konsentrasi. -- ( red: sini ada jual bunga rosemary? )

8. Perhatikan

Menurut Linda Edelstein, PhD, asisten dari fakultas di Northwestern University dan penulis The Art of Midlife, ketika orang berpikir bahwa mereka sedang mengalami masalah memori, itu benar-benar karena mereka terganggu atau tidak mencatat informasi dalam otak mereka secara benar.

“Ketika orang-orang tidak dapat mengambil informasi itu sering kali karena mereka tidak diambil di di tempat pertama,” katanya.

Anda tidak dapat mengingat kembali informasi yang tidak Anda simpan. Bagaimana cara untuk menjadi lebih perhatian terhadap sesuatu?

Hentikan tugas beragam dan sepenuhnya rileks. Itu berarti meletakkan BlackBerry sambil makan siang dengan teman Anda, mematikan TV ketika Anda mencoba untuk membaca sesuatu dan tidak membiarkan Anda atau mata pikiran mengembara ketika berbicara dengan seseorang di sebuah pesta. Anda akan lebih mungkin untuk mengingat nama orang.

9. Menghafal Lirik Lagu Favorit

Pernahkah Anda menemukan diri Anda sendiri bernyanyi sebuah lagu cinta yang Anda sukai terkenal 10 tahun yang lalu, namun Anda masih belum tahu liriknya?

Belajar kata-kata yang bisa menyenangkan, tetapi bisa juga baik untuk memori Anda secara umum.

“Dengan menghafal lagu, “Anda akan bekerja setidaknya dua macam memori, pendengaran dan verbal, yang mungkin sesuatu yang sangat sering tidak Anda lakukan,” ujar Cynthia Green, PhD, seorang ahli kesehatan otak dan memori.

Penelitian menunjukkan bahwa terus menantang otak kita dengan intelektual dapat meningkatkan cadangan kognitif kita ” dan bisa mendapatkan manfaat yang terkait untuk mengurangi risiko demensia jangka panjang.”

10. Menggambar

Kapan terakhir kali Anda mengambil pensil, kertas dan membiarkan pikiran Anda melayang-menggambar pelangi, adegan atau objek apapun yang muncul di kepala Anda?

Anehnya, menurut Dr. Green, coretan pena bebas-mengalir bisa menjadi kunci untuk memperkuat pusat-pusat memori otak Anda.

“Mencoret-coret telah ditemukan dalam studi-studi untuk meningkatkan konsentrasi, yang merupakan langkah pertama yang penting untuk pembelajaran dan memori,” kata Dr Green.

Lagi pula, jika Anda tidak dapat fokus pada informasi, Anda tidak memperolehnya secara efektif dan Anda tidak pernah bisa mengingat sesuatu yang tidak Anda pelajari di tempat pertama!

Sumber : Era Baru

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top