GuidePedia

0


Jika tak ada penggantian mobil, maka S600L akan tetap digunakan oleh presiden yang menjabat di kabinet berikutnya. namun ada beberapa isu yang menyebutkan bahwa S600L versi Pullman Guard akan digunakan oleh Presiden RI 2014-2019. Mari kita tilik lebih jauh mengenai mobil termewah lansiran Mercedes-Benz ini.

"Benteng Berjalan" adalah frasa yang paling tepat untuk menggambarkan kekuatan dan mobilitas Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mercy S600 Pullman Guard menyajikan 2 pilihan wheelbase, yaitu short dan long. Untuk long wheelbase, Mercy memberi komposisi kursi 2+2+2. Ada kemungkinan tipe long wheelbase inilah yang akan digunakan presiden terpilih nanti.


Sebagai benteng berjalan, tentu isi kabinnya harus menghadirkan kemewahan dan kenyamanan bagi sang petinggi negara. Jika dulu S600L masih memiliki cukup banyak bahan plastik, lain halnya dengan Pullman Guard yang didominasi bahan yang lebih mewah, yaitu kayu, kulit dan logam.

Kini demi kenyamanan penumpangnya, S600 Pullman Guard menyediakan dua layar yang dapat menampilkan navigasi dan merepresentasi secara grafis kecepatan kendaraan yang berbentuk analog. Sayangnya tidak ada perubahan dari tampilan konsol tengah S600 yang menjadi wadah bagi kontrol AC dan DVD player untuk hiburan.

Sisi keamanan menjadi hal utama untuk kendaraan kepresidenan. Sistem keamanan pada S 600 Pullman ini bukan tambahan atau dibuat setelah mobil meninggalkan pabrik. Tapi telah dirancang sejak awal sebagai standar.

Secara umum mobil ini memiliki kemampuan untuk pertahanan dari serangan militer dengan sertifikasi tertinggi yang ada saat ini yakni VR6/VR7. Tak hanya itu jika ada serangan dari darat berupa ranjau atau api, mobil ini mampu memadamkan api di kolong mobil dengan otomatis.

Fitur keamanan tambahan lainnya ialah masih berfungsinya ban meski dalam keadaan tanpa tekanan sama sekali karena desain pelek dan ban yang terintegrasi. Lalu untuk menghindari tangki bahan bakar dari ledakan, sistem tangki dibalut material khusus yang dapat menutup lubang dengan otomatis agar bbm tetap terjaga dari ledakan dan mobil tetap dapat melaju.

Uniknya mobil ini memiliki teknologi Pre-safe yang berguna di saat terjadi accident dengan menutup semua jendela dan sunroof ketika terjadi serangan. Pre-tensioner seat belt pun disematkan agar dapat menyesuaikan ketinggian secara otomatis pada semua bangku.

Dengan bodi cukup besar, mobil ini menggunakan unit V12 berkapasitas 5.513 cc turbo yang menghasilkan tenaga 517 dk dan torsi 830 Nm. Namun diperkirakan kecepatan maksimum tak terlalu tinggi, hal ini di karenakan adanya penambahan bobot.

Mobil lapis baja ini dilansir dengan harga 920.000 Euro. Apakah sudah pas menjadi kendaraan dinas Presiden Indonesia yang baru? 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top