GuidePedia

 
 
Indeks Status Guru Dunia 2013 yang disusun profesor dari universitas di Inggris menempatkan Swiss sebagai negara dengan gaji guru tertinggi di dunia.

Sementara, Mesir tercatat memberi gaji guru paling rendah di dunia. Indeks tersebut didapat dari jajak pendapat mendalam dari 21 negara untuk mengeksplorasi penghargaan publik terhadap guru. Berdasarkan indeks, guru memiliki status tertinggi di Cina dan status terendah di Israel.

Berdasarkan laporan emirates247, Selasa (8/10), guru mendapat penghormatan lebih di Cina, Korea Selatan, Turki, Mesir, dan Yunani dibandingkan dengan negara Eropa dan Anglo Saxon lain.

AS dan Inggris berada di tengah-tengah untuk indeks status guru. Sementara, gaji guru tertinggi diberikan di Swiss dengan gaji kotor 47.783 dolar AS per tahun atau sekitar Rp 525,6 juta. gaji terendah diberikan Mesir dengan gaji 4.199 dolar AS per tahun atau sekitar Rp 46,1 juta.

Akan tetapi, dengan melihat semua perspektif, gaji guru di Singapura merupakan gaji terbaik dengan gaji kotor per tahun mencapai Rp503,3 juta. Setelah pajak, gaji guru di Swiss hanya sebesar 39.326 dolar AS per tahun atau sekitar Rp432,6 juta.

Lima negara yang memberikan gaji tertinggi lainnya adalah AS, Korea Selatan, Jepang, dan Jerman, berurutan dari posisi dua sampai empat.

Sumber: Republika 

Beli yuk ?

 
Top