GuidePedia

The Danxia Landform (Cina: 丹霞 地貌; pinyin: Danxia dìmào; Indonesia: Bentuk-lahan Danxia) mengacu pada berbagai lanskap yang ditemukan di sebelah tenggara dan barat daya China yang terdiri dari tebing-tebing lengkung berwarna. Ini adalah jenis geomorfologi petrografis yang unik yang ditemukan di Cina.



Ini terletak di Zhangye, Provinsi Gansu China barat laut. Danxia adalah bentuk lahan khusus dari batu pasir kemerahan yang telah mengikis dari waktu ke waktu menjadi serangkaian gunung dikelilingi oleh tebing-tebing berkelok-kelok dan banyak formasi batuan yang tidak biasa.

Danxia Landform terbentuk dari sandstone (batupasir) berwarna merah dan batuan konglomerat yang sebagian besar berasal dari jaman Cretaceous (jaman Kapur). Bentuk-lahannya terlihat seperti topografi karst yang banyak terbentuk di daerah berbatu kapur, tapi karena batu-batu yang membentuk Danxia landform adalah batupasir dan konglomerat, mereka disebut bentuk lahan "pseudo-karst".



Danxia Lanform meliputi beberapa provinsi di Cina tenggara. Taining County, Provinsi Fujian, memiliki contoh yang sangat baik dari Danxia Landform "muda" yang terbentuk di lembah sempit yang dalam. Seiring dengan membesarnya bentuk-lahan, lembah pun melebar dan terciptalah menara-menara batu yang terisolasi dan pegunungan.



Penduduk desa berjalan jalan di antara dua formasi batuan yang menakjubkan di Desa Nantaizi, Nijiaying town di Linzhe county Zhangye, Provinsi Gansu, Cina

Danxia Landform ini dinamai dari nama Gunung Danxia, ​​yang adalah salah satu contoh yang paling terkenal dari bentuk lahan Danxia.

Sebuah fitur yang sangat aneh dari lanskap Danxia adalah terbentuknya berbagai gua dengan berbagai ukuran dan bentuk. Gua-gua ini cenderung dangkal dan terisolasi, tidak seperti daerah karst di mana gua-gua yang terbentuk cenderung dalam, dan saling terhubung membentuk jaringan.



Terbentuk dari lapisan batu pasir kemerahan, area ini telah melalui waktu yang sangat lama untuk terkikis menjadi serangkaian gunung yang dikelilingi oleh tebing berliku dan formasi batuan yang tidak biasa

Pada tahun 2010, enam lanskap Danxia di China selatan, dengan nama umum "Danxia China", dicatat sebagai Situs Warisan Dunia. Keenam Danxia landform itu adalah:. Gunung Langshan dan Gunung Wanfoshan (Provinsi Hunan), Gunung Danxia (Provinsi Guangdong), Taining dan Guanzhishan (Provinsi Fujian), Gunung Longhu dan Guifeng (Provinsi Jiangxi), Fangyan, Gunung Jianglang (Provinsi Zhejiang), serta Gunung Chishui (Provinsi Guizhou). Luas total 6 daerah inti di atas adalah 73.945 ha, dan total daerah penyangga adalah 65.446 ha.







Biru, merah dan emas adalah beberapa warna yang terlihat dalam formasi batuan yang menakjubkan di Gansu, Cina


Daerah perbukitan yang unik dari Danxia Landform dekat kota Zhangye, di barat utara Cina

Source: Wiki dan Dailymail
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI 

Beli yuk ?

 
Top