Berawal dari perjalanan tahun 2009 saya berkunjung ke Kota Malang , namun takdir berkata lain waktu itu Semeru sedang terkena penyakit "DIARE" meskipun sebenarnya wktu itu ada porter yang nyanggupin buat antar saya ke puncak dengan jalur "TIKUS" nya . Namun setelah dipikir - pikir lagi rasanya malas apabila harus bermain petak umpet dengan ptugas TNBTS belum lagi ancaman banjir lahar dinginnya dengan terpaksa saya membatalkan niat untuk berkunjung ke tanah tertinggi pulau jawa itu . Untuk mengisi kekosongan saya akhirnya pergi ke Bromo , alhasil saya hanya bisa memotret Semeru dari kejauhan saja . 2 tahun berlalu akhirnya saya bisa menginjakan kaki di tanah tertinggi pulau Jawa ini .

MAHAMERU:

MAHAMERU

Mendaki melintas bukit

Berjalan letih menahan menahan berat beban

Bertahan didalam dingin

Berselimut kabut Ranu Kumbolo…

Menatap jalan setapak

Bertanya - tanya sampai kapankah berakhir

Mereguk nikmat coklat susu

Menjalin persahabatan dalam hangatnya tenda

Bersama sahabat mencari damai

Masihkah terbersit asa
Anak cucuku mencumbui pasirnya

Disana nyalimu teruji

Oleh ganas cengkraman hutan rimba

Bersama sahabat mencari damai

Mengasah pribadi mengukir cinta

Hari Pertama:
3 September 2011
Sabtu , pukul 17.00 Kumpul di rumah dekat St . Tasikmalaya
Setelah semua personil berkumpul ternyata dari keseluruhan jumlah personil yg harusnya 11 orang pas di cek cuma 10 orang , ternyata 1 orang personil gak jadi ikut gara2 sakit padahal uda tinggal berangkat :nohope:, karena tiket kereta lebih 1 akhirnya saya ajak temen yg kebetulan ada di tkp , padahal dia cuma nganter salah satu personil ke tempat kita kumpul , tapi tanpa pikir panjang dia langsung mengIYAkan ajakan saya tadi , akhirnya dia mengambil perabotan milik salah satu personil yg gak jadi ikut (gila juga ni orang persiapan cuma 10 menit lsg berangkat :hammers). Setelah selesai shalat Maghrib kami semua lsg brngkat menuju Stasiun . Pada tiket tertera kereta dtg jam 18.20 tapi ternyata setelah dtunggu kereta dtg jam 19.15 setelah mengisi tempat duduk sesuai nomor yg ada pada tiket masing2 akhirnya kita semua berangkat menuju St Kota Baru Malang .

St Tasikmalaya:

Kereta:

Hari Kedua:
4 September 2011
Minggu , Jam 09.00 akhirnya kita semua sampai di St Kota Baru Malang .
Dari stasiun kita langsung nyarter angkutan umum lsg ke Pasar Tumpang .

Perjalanan dari stasiun ke tumpang sekitar 1 jam . Sesampainya di Tumpang kami semua mampir terlebih dahulu ke alf*mart tumpang untuk memenuhi logistik . Karena kami semua belum sarapan , kami mampir di sebuah warung nasi bertuliskan "MAHAMERU" . Setelah bres sarapan kami lanjut ke puskesmas tumpang untuk membuat surat kesehatan . Setelah semua beres kami semua langsung menemui jeep yang akan mengantar kami semua ke Ranu Pani . Jam 13.00 Jeep berangkat dari Tumpang menuju Ranu Pani . Ditengah perjalanan kami mampir di kantor perhutani untuk mengurus perizinan terlebih dahulu . Setelah semua beres perjalanan menuju Ranu Pani pun dilanjutkan . Jam 15.30 akhirnya kami semua sampai di Ranu Pani . Sesampainya disana kita langsung packing ulang untuk siap2 melakukan pendakian tidak lupa untuk meyerahkan srat perizinan yg tadi tlah dibuat . Jam 17.00 kami start pendakian dengan tujuan Ranu Kumbolo . Dimulai dengan berdoa agar ALLAH SWT memberikan perlindungan bagi kami setelah 1 jam perjalanan akhirnya kami sampai di pos 1 . Sepanjang jalan menuju pos 1 kami semua disuguhi pemandangan hutan semeru yg sedang kebakaran (api nya masih nyala gede2 lagi) . Disana kami semua istirahat sebentar , perjalanan ke pos 2 pun kami lanjutkan dari kejauhan masih terlihat api2 yg menyala , serem juga jalan di trek yang di atasnya lagi ada kebakaran , sempet wktu di tengah perjalanan sisa kayu yang kebakar jatuh ke jalur pendakian untung gak mengenai salah satu dari kami . Jam 19.00 kami semua tiba di Pos 2 . Kami hanya beristirahat sebentar disini & langsung melanjutkan perjalanan menuju pos 3 . jam 20.15 tiba di pos 3 disini kami beristirahat cukup lama sambil menunggu yang lain yg msh dibelakang . saya membuat minuman hangat untuk sekedar menghangatkan tubuh . Sekitar 30 menit kami semua beristirahat akhirnya kami memutuskan untuk membagi 2 kelompok menuju Ranu Kumbolo karena salah satu dari anggota kami kondisinya ada yg ngdrop . rombongan pertama smpai di Ranu Kumbolo jam 22.00 dilanjutkan dengan rombongan kedua yg tiba disana jam 23.00 sebenernya kami ngcamp di sebelum rakum yg ada shelter nya , mengingat kondisi salah satu personil kami yang uda ngdrop (yang penting sma2 keliatan danau nya :ngakaks) . Setelah mendirikan tenda dilanjutkan makan malam kami semua langsung tidur .