GuidePedia

0
Klayar adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan. Kemarin tanggal 5/8/11 saya berkunjung kesana gan. Pantai Klayar termasuk dalam salah satu potret keindahan Indonesia versi The National Geographic. Hingga banyak pencinta alam yang menyebutnya the lost eden karena keindahannya yang masih alami karena letaknya yang memang terpencil.

National Geographic Site:

 
Citra Google Klayar:

Untuk menjangkau Pantai ini aboi bisa datang dari arah Solo dan Jogja. Langsung aja menuju ke Kabupaten Pacitan. Pantai ini masih berada di sisi barat pacitan, sehingga belum memasuki kota pacitan itu sendiri. Sebagai patokan untuk ke pantai ini adalah PASAR PUNUNG. Darimana anda berasal menujulah pasar punung dan kemudian ikuti jalur ke goa gong (sudah ada penunjuk jalannya). Khusus agan yang dari jogja bila aboi menemui plang penunjuk yang berada di jalan lintas selatan sebelum menemui pasar punung maka saran saya jangan lewat jalur itu karena jalurnya yang panjang dan jalanan yang kurang bagus. 
 
Setelah aboi menemukan pasar punung nanti akan ada jalan menuju ke selatan (klo dari jogja/solo maka belok kanan) / jalan menuju goa gong atau jika aboi bingung maka aboi tanya aja orang di pasar mana jurusan goa gong dan pantai klayar. Setleah nemu jalannya ikuti terus saja,ikuti jalan aspal aja,setelah nemuin goa gong maka lurus aja,ikuti jalan aspal aja yang berkelok-kelok. Nanti aboi akan memasuki desa kalak dan sampai di perempatan kalak akan ada lang penunjuk ke pantai klayar. Jalan yang dilalui cukup berkelok, naik turun,dan sempit akan tetapi jalanannya sudah bagus. Untuk kendaraan aboi bisa naik kendaraan pribadi dan hati hati jika bersimpangan dengan mobil lain. Untuk bus pariwisata saya rasa belum bisa karena jalannya masih sempit dan medannya yang curam.Berikut saya denahnya :
Denah:

Langsung aja nikmatin viewnya boi..
Jalan masuk:












Lost Eden:

Ini juga bisa dibuat untuk camp menikmati indahnya sunset boi. Namanya adalah “Karang Bolong”.

Diatas karang ini tehampar sabana yang memiliki view yang sangat indah bisa memandang ke lepas pantai. Aboi hanya tinggal mendaki ke bukit sisi barat pantai dan bisa menemukan hamparan sabana ini. Dan sekali lagi hati-hati jangan terlalu dekat dengan jurangnya. berikut penampakannya :
karang bolong:
google view:

Untuk di pantai klayar sendiri sudah banyak warung,MCK dan fasilitas ibadah. Ada peraturan yang harus ditegakkan jika mengunjungi pantai ini :

1. Jangan berenang dan jangan bermain di karang pantai karena sangat berbahaya. Disana sudah ada warga yang berjaga untuk memperingatkan pengunjung dan plang peringatan jadi patuhilah supaya tidak terjadi kecelakaan. Ombak di pantai ini sangat besar dan berbahaya. Banyak kejadian kecelakaan yang memakan korban karena mereka terlalu angkuh dan bermain tanpa memperdulikan peringatan. Kejadian banyak korban adalah di pantai kecil sebelah timur yang disana ada karang tinggi menjulang mirip grand canyon mini dan ada karang yang datar. Jika agan naik kesana maka jika ada ombak besar datang maka akan langsung terseret dan hilang tanpa bisa berenang terlebih dahulu. Kebanyakan pengunjung ingin melihat air mancur alami di ujung karangnya.akan tetapi sekarang sudah dilarang. Pantai ini memang indah akan tetapi masih sangat alami jadi berhati hatilah, jaga keselamatan diri aboi sekalian.

2. JANGAN BAWA SAMPAH. Leave No Trance. Kasihan kan boi pantai seindah ini harus dikerubuti sampah. Pantai Klayar memang bukan pantai nelayan jadi sampah yang ada kebanyakan dari pengunjung. Sampah yang ada hendaknya bawa kembali.

Oke boi have nice trip, ane rencana mau jalan jalan dari pantai sebelahnya watu karung ke pantai klayar. Jadi sunrise di pantai watu karung dan sunset di klayar. Ada yang mau ikut hehehe....BTW selamat berkunjung ke Pacitan.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top