GuidePedia

0


"Naik pesawat presiden, Jokowi bertolak ke Bali hadiri Kongres PDIP"


Presiden Joko Widodo akan menghadiri Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali pada Kamis (9/4). Jokowi yang didampingi Ibu negara Iriana tiba di Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 06.30 Wib untuk menuju Bali. Demikian kutipan berita tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyalahgunakan kekuasaan (abuse of power) saat menggunakan pesawat kepresidenan untuk acara Kongres PDIP di Bali.

“Penggunaan Pesawat Kepresidenan oleh Jokowi untuk menghadiri kongres tersebut merupakan salah satu perbuatan Abuse of Power,” kata Pengamat politik Renaissance Foundation, Amir Hamzah kepada intelijen, Kamis (9/4).

Selain abuse of power, menurut Amir, tindakan yang dilakukan Jokowi itu secara sengaja menghambur-hamburkan kekayaan negara untuk kepentingan pribadi di mana hal tersebut sudah dapat dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi.

“Hal seperti ini seharusnya mendapat perhatian serius dari DPR yang memiliki fungsi kontrol untuk mengawasi pengelolaan aset negara,” paparnya.

Selain itu, Amir juga mengatakan, jika Jokowi melakukan perjalanan ke manapun harus juga dilihat dari sudut pandang pelaksaanaan tugas Paspampres berdasarkan Standard Operational Procedure (SOP) dari pasukan elite tersebut.

“Selama masa jabatan dalam kondisi apapun, Jokowi tetaplah seorang Presiden dan Panglima tertinggi yang gerak langkahnya harus diamankan oleh Paspampres,” jelas Amir.

Lanjut Amir, di sini letak dilema ketika masyarakat melihat Jokowi sedang melaksanakan kepentingan pribadi atau kelompoknya yang tidak boleh menggunakan fasilitas negara, di sisi lain apapun yang dia lakukan akan tetap berada dalam lingkup pelaksanaan tugas Paspampres.

“Untuk mencegah dilema tersebut secara berlarut-larut dan dalam rangka peningkatan kualitas demokrasi politik diperlukan regulasi yang dapat memisahkan batasan antara tata protokoler yang menyangkut aktifitas presiden dalam konteks kenegaraan dan aktifitas lainnya dalam konteks kepentingan pribadi maupun golongannya,” pungkas Amir.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Jokowi hadir di Kongres PDIP di Sanur, Bali, Kamis (9/4/2015). Saat tiba di arena Kongres PDIP, Jokowi mengenakan jaket merah. (Detikcom:Berjaket Merah Tanpa Logo PDIP, Jokowi Hadir di Kongres Bali) 

Jokowi membawa sejumlah menteri antara lain Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi P, Menteri Pertanian Amran Sulaeman, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasona Laoly.

Sumberlanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?