GuidePedia

0


Ukuran garasi ini sangat mungil. Hanya 3 X 2 meter. Tempatnya nyempil. Berada di ujung gang buntu. Dikepung deretan gedung bertingkat di pusat Kota London, Inggris. Kondisinya pun sudah bobrok. Lumut hijau rata menutup atap asbes. Sudah begitu, di beberapa sudut sudah pada runtuh.


Namun, harganya bikin jantung berdesir. Garasi yang hanya cukup untuk satu mobil ini akan dilelang dengan harga dasar 550 ribu pounsterling atau sekitar Rp 10,7 miliar. Meski harga yang selangit dan kondisinya sudah tak terurus, diperkirakan para insvestor akan memburu garasi ini.

Untuk garasi seukuran itu, harga Rp 10,7 miliar sangatlah tinggi. Angka itu dua kali harga rata-rata rumah di Britania Raya. Atau tiga kali harga rata-rata rumah di Inggris dan Wales. Belum lagi, pembeli nantinya harus membayar Rp 13 juta kepada rumah lelang dan masih ditambah pajak.

Mahalnya harga garasi itu disebabkan keluarnya izin pembangunan rumah dari pemerintah setempat. Rencananya, garasi itu akan dibongkar dan diganti dengan bangunan rumah satu lantai, lengkap dengan basement. Rumah yang akan dibangun itu rencananya akan memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang makan, toi*let, dan teras.

Izin pembangunan itu sudah turun tahun lalu. Dan garasi itu akan dilego di Rumah Lelang Allsop di The Cumberland Hotel pada 30 Oktober mendatang. Jika terjual dengan harga itu, maka garasi ini akan menjadi garasi termahal di London. Pada Juli yang lalu, sebuah garasi di Wandsworth terjual dengan harga 500 pounsterling. Sementara, enam garasi di Parsons Green terjual 700 ribu poundsterling pada Mei.

"Ini bisa menjadi garasi tunggal dengan harga tertinggi di Ibukota, tapi ini memiliki izin untuk pembangunan sebuah rumah," kata juru lelang Allshop, Gary Murphy, sebagaimana dikutip Dream dari Daily Mail, Minggu 19 Oktober 2014.

Harga properti di London memang terus melambung. Kantor Statistik Nasional mencatat harga rumah di London meningkat lebih dari 20 persen dalam setahun terakhir. Rata-rata rumah di London berharga 514 ribu pounsterling atau Rp 10 miliar.

Sementara, menurut laman properti Zoopla, harga rumah di Jalan Lamont yang mengepung garasi ini berkisar antara 3,5 juta pounsterling atau Rp 68 miliar. Atau 507 ribu pounsterling lebih tinggi dari tahun lalu yang hanya 1,1 pounsterling.



Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top