GuidePedia

0

Dari nama bunga hingga simbol dalam mitologi Yunani., Toyota, sama seperti produsen mobil lain di dunia, punya nama-nama unik untuk disematkan pada mobil-mobilnya. Nama yang digunakan tidak asal pilih, tetapi punya cerita masing-masing di baliknya.

Produsen mobil terbesar di Jepang itu mengambil nama dari jenis-jenis bunga hingga tokoh dalam mitologi Yunani, yang tentu saja sesuai dengan inspirasi pengembangan mobil tersebut.

Berikut adalah arti di balik delapan nama mobil ikonik Toyota:

1. Yaris
Yaris adalah peleburan dari nama dalam mitologi Yunani dan kata bahasa Jerman. Dalam mitologi Yunani "Charis" adalah simbol kecantikan dan keanggunan. Toyota hanya menggantik "Ch" dengan "Ja" atau "Ya" dari bahasa Jerman yang artinya "Iya", untuk melambangkan sambutan positif dari pasar Eropa terhadap mobil itu.

2. Supra
Supra adalah kata dalam bahasa Latin yang berarti: di atas. Nama itu layak diberikan untuk mobil sport Toyota ini karena kinerjanya yang tak kalah dari mobil-mobil sport Eropa lainnya seperti Porsche 911 Turbo dan Aston Martin DB7.

3. Celica
Celica berasal dari kata bahasa Spanyol yang berarti hal-hal yang berasal dari surga. Nama itu diklaim cocok untuk kinerja dan penampilan sedan Toyota tersebut.

4. Auris
Auris berakar dari kata bahasa Latin, "aurum" yang berarti emas. Nama itu juga terinpirasi dari kata bahasa Inggris "aura" yang berarti pancaran cahaya. Jika digabungkan kedua kata itu akan menjadi "pancaran cahaya emas" dan dinilai cocok dengan mobil yang diperkenalkan pada 2006 silam di arena Paris Motor Show.

. Corolla
Corolla adalah kelopak yang melingkar di sekitar pusat dari sebuah bunga. Nama itu dipilih karena dinilai mewakili kecantikan dan daya tarik mobil hatchback andalan Toyota itu.

6. Prius
Dalam bahasa Latin, "Prius" berarti "yang terdahulu" atau "yang sebelumnya". Nama itu digunakan untuk menjelaskan fakta bahwa Prius diluncurkan di Jepang pada 1997 dan belum ada mobil hybrid yang pernah diproduk masal sebelum itu.

7. Corona
Corona adalah mobil Toyota pertama yang diekspor ke Inggris, pada sekitar 1965. Corona diambil dari nama cincin yang mengelilingi matahari.

Tetapi nama itu dipilih untuk melambangkan cahaya yang di lihat pengemudi di ujung terowongan, sekaligus menjadi simbol bahwa masih ada mobil yang bisa diandalkan ketika Eropa hanya punya sedikit pilihan mobil bermutu pada masa itu.

8. Camry
Camry berasal dari kata bahasa Jepang "kanmuri" yang berarti mahkota. Nama itu cocok dengan Camry yang menjadi mobil paling laris di Amerika selama 12 tahun berturut-turut dan menjadi permata yang menghiasi mahkota Toyota. (Toyota.co.uk) 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top