GuidePedia

0
Anda berencana membangun sebuah studio rekaman dan menyimpan semua koleksi lagu dari seluruh penjuru dunia hanya dalam 1 kaset saja? Hal tersebut kini bisa terwujud karena Sony baru saja mengumumkan produk terbarunya, yakni sebuah pita kaset untuk merekam dan menyimpan data dalam kapasitas super besar. Pita kaset ini memiliki kapasitas 185 terabyte atau bisa menyimpan 60 juta lagu dalam satu wadah. 
 
Kapasitas ini memang terbilang luar biasa, bahkan bisa menjadikannya sebuah server. Sebagai gambaran, jika 60 juta lagu yang disimpan di dalamnya benar-benar ingin didengarkan, maka tak akan ada orang bisa menghabiskan seumur hidupnya. Jika dihitung, dalam waktu 100 tahun saja seorang manusia yang mendengarkan lagu terus-menerus selama 24 jam bahkan saat dia tidur dimana sebuah lagu rata-rata memiliki durasi 3 menit, hanya bisa mendengarkan 17 juta lagu saja. Dan sebagai perbandingan lain, semua karya cetak yang ada di Perpustakaan Kongres di Amerika Serikat saja ‘hanya’ membutuhkan penyimpanan berkapasitas 10 TB. 
Menurut Sony untuk kapasitas yang bisa didapat pita ini, kepadatannya kira-kira 74 kali dibanding kaset rekaman yang ada saat ini. Pengembangan kapasitas itu sendiri bisa didapatkan Sony dengan membuat kontrol yang lebih baik yakni dengan menggunakan partikel magnetik yang ‘tumbuh’ untuk merekam secara individual 1s dan 0s. Sony mengoptimalkan proses yang biasa digunakan yang disebut ‘sputter deposition’ yang menciptakan partikel untuk menjaganya dari tumbuh terlalu besar serta membuat sifat magnetiknya lebih seragam. 
Pada waktu yang bersamaan, lapisan bawah dari magnetik pita kaset dikembangkan secara independen untuk meminimalkan gangguan potensial yang mungkin hadir. Hasil dari teknologi tersebut adalah sebuah media perekaman dimana diameter partikel magnetiknya tidak melebihi 7.7 nanometer serta kemampuan pita rekaman yang bisa menyimpan setiap tweet di Twitter dimana setahun yang lalu semua tweet di Twitter membutuhkan kapasitas perekaman sebesar 85TB saja. 
Dalam aplikasi data-raksasa, penemuan pita dengan kepadatan tinggi dari Sony ini juga sangat dibutuhkan. Misalnya saja Facebook yang menyimpan data lebih dari 300 petabyte dari usernya dimana satu petabyte sendiri hitungannya adalah 1000 terabyte. Dan data tersebut harus disimpan oleh Facebook dimana pita rekaman biasanya dipilih untuk menyimpan data berkapasitas tinggi semacam itu. Dengan terobosan dari Sony ini, perusahaan berbasis data semacam Facebook atau Twitter bisa mendapat solusi. Teknologi yang berkaitan dengan Big Data pun akan mendapat tool yang ampuh dan ambisinya untuk jadi lebih besar lagi bisa benar-benar terwujud.
 
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?