GuidePedia

selamat siang,,,nah buat kali ini saya coba buat berbagi tentang TRACKING ALAM nih,,, lebih tepatnya SAKTI ALAM KERINCI,,,, Lokasi nya di gunung 7,,,,, ini cerita tentang pendakian yang kami mulai pada sabtu, 17 mei 2014-minggu, 18 mei 2014 berangkat bersama adik-adik dari SMAN 4 Kota Sungai Penuh berjumlah 21 orang dan pulang dengan 22 orang,,, loh,,, kok bisa nambah satu????

begini ceritanya,,,

DANAU GUNUNG TUJUH adalah danau teringgi si ASIA TENGGARA,, 1950 mdpl,bayangkan seberapa dingin tuh,,,, bermula dari rencana gua janji pada adik angkat dari bungo bakal naik bareng DANAU GUNUNG 7, untuk itu gua ajak beberapa teman dari kkota sungai penuh,,, namun,, karena ada satu hal adik gua ngga bisa berangkat,,,, sedangkan teman-teman gua udah fix semua,,,,, dan ada juga adik-adik dari pramuka SMAN 4 Kota Sungai Penuh yang tahu akan rencana ini,,, jadilah akhirnya tetap naik juga walaupun sebenarnya pengen gua cancel ni acara,,,,,

alhasil,, 21 orang berangkat,,, kita berangkat dengan menggunakan angkot ke kaki gunung 7 kira-kira 45 kilo menuju kaki gunung 7 dari terminal kota sungai penuh.

jam 5.30,,, setelah doa,, kita naik ke gunung tujuh,,, di saat akan berangkat,,, kami menemui serombongan sahabant dari PRAMUKA SAKA BHAYANGKARA yang juga ingin naik hari itu,, dan yang memimpin mereka adalah salah satu rekan pelatih pramuka di SMAN 4 Sungai Penuh,,, dan beliau meminta untuk ikut bersama kami,,,,

anggota:

berhubung gua orang yang rada aneh dan suka melakukan hal-hal di luar dugaan,,, jadilah gua ambil jalan rute lama menuju danau gunung tujuh yang sudah benar-benar tertutup semak belukar,,, dan sesuai dengan janji gua pada temen gua,,, kita naik bukan nauk biasa,,tapi kita menjelajah dan membuat rute baru,,, walau ntar tersesat,,, ntar lagi mikirnya,

jadilah kita melalui semak belukar,, ranpa ada sangkur ataupun alat sejenis nya,, kita tetap membuka rute baru dengan menggunakan tangan kosong dan injakan kaki,,,

Musibah Bermula
 gerbang:

setelah 1,5 jam pendakian,,, semangat tetap membara untuk membuka jalan,,, namun anggota Bhayangkara yang mengikuti kami salah satu nya pinsan ,, terpaksa salah satu rekan saya menggendong dia. dan saya yang beradadi depan membuka jalan,, membawa daypack dia,,, berat nya minta ampun,,, di tambah lagi semak belunkar yang harus gua buka, dan kadang harus merayap dan balik kebelakang karena menemui jalan buntu,,, alias jurang,,,,

magrib pun datang,, dan kita rehat sejenak di sebuah kebun warga,,,,, setelah selesai magrib perjalanan pun bermula kembali,,,, naas bagi saya,,, malam ini di luar dugaan saya,, diiringi hujan yang turun kabut yang sangat tebal pun menutup pandangan,,, jarang pandang hanya 5-8 meter, penerangan pun hanya senter yang tidak sanggup menembus tebalnya kabut,, dan puncak gunung tujuh pun tidak sanggup saya lihat dimana keberadaan nya,,, dan dengan bermodalkan nekat,, saya dan rekan-rekan tetap memaksa untuk melanjutkan pendakian,,dengan mengambil rute terus mendaki hingga mencapai puncak,,entah nanti puncak gunung tujuh atau pun puncak gunugn lainnya,,bisa saja kami berakhir di puncak gunung besi ataupun puncak gunung gajah,,,

musibah yang sebenarnya terjadi saat kami telah mencapai puncak gunung,yang saya sadari bukan puncak gunung tujuh yang seharusnya,,,,,setelah meminta rekan-rekan saya untuk beristirahat kira-kira 15 meter dari puncak tersebut,,saya dan seorang rekan menembus rimbunan semak belukar menuju puncak,,, yang kami temui bukan lah sebuah daerah datar yang bisa kami pergunakan untuk camp,,,tapi hanya semak yang di kelilingi tebung terjal,,, dengan semangat membara saya dan rekan mencari jalan menuju danau dengan menuruni sisi kiri dari puncak gunung tersebut,,,,, menyadari anggota yang saya bawa tidak akan sanggup mengikuti rute yang telah saya temukan,,, jadilah kami terpaksa sedikit mundur dan mencari jalan yang tidak seekstrim yang saya temukan,,,,, rute yang saya temui adlah turunan dengan kemiringan kira-kira 75 derajat di kelilingi semak-semak berduri,,

disini saya benar-benar lelah,,, ditambah lagi tangan dan kaki yang luka-luka karena duri-duri semak,,, (saya hanyya menggunaan celana pendek, sepatu ket, dan baju kaos pendek)

untung nya rekan saya masih membara,,, dengan semangat dia membuka jalan menuju danau gunung 7,
dan untungnnya di saat kami hendak mencari jalan baru,, terdengar sayup-sayup suara orang-orang di sekitar danau gunung 7, dan kami gunakan suara itu sebagai kompas untuk menuju ke danau gunung 7,,

Tuhan Bersama Kami

sempat terlintas dalam benak saya,, bahwa kami akan memasuki jalur perlintasan harimau sumatera ataupun binatang buas lainnya,, karena saya telah menjauh dari jauh tracking yang telah di buat untuk para turis terlalu jauh,,, hal ini saya sadari setelah menemui papapn tanda jalur tracking yang seharusnya kekiri,, namun saya ambik tetap lurus mendaki kedepan,,,,

Syukur kepada ALLAH SWT,,karena dengan semangat yang keras,,,, rekan saya berhasil membuka jalan menuju lokasi CAMP di DANAU GUNUNG 7,,

walaupun kami harus memutar,, dari waktu normal nya 3,5 jam - 4jam,,, karena rute yang aya ambil,,, menjadi 8 jam pendakian,,,

jam 03.00.kami sampai di lokasi,, langsung mendiirkan tenda dan beristirahat,, namun sial kembali kembali menghampiri,, karena hujan yang lebat di perjalanan,, membuat pakaian rekan-rekan saya basah semua beserta matras dan sleeping bag,,padahal sebelumnya telah saya wanti-wanti untuk membungkus pakaian dan barang-barang yang tidak tahan air ke dalam plastik,, jadilah hanya saya sendiri yang di bungkus kain kering,,,, melihat salah satu rekan saya yang kedingingan,,,, terpaksa saya membuka baju kaos panjang saya dan saya pinjamkan pada dia,,,,,

INDAHNYA NEGERI INI

pagi datang,, namun sang surya tetap sembunyi di balik selimutnya,,,,,,
jadilah pagi ini tak hangat,,malah semakin dingin,,,,

kepiting:

sambil duduk di batu besar dipinggir danau ini,,,, dengan iringi gitar,,,, saya benar-benar mencintai kekuassaaan tuhan,,, betapa indahnya alam ini,,

setelah agak panas,,,,, dan rekan-rekan saya berserta adik-adik pramuka SMAN 4 Kota Sungai Penuh memasak makanan untuk kami semua,,, saya dengan nekat dalam cuaca yang masih dingin berganti celana pendek,,, dan,,,, terjun ke dalam danau gunung tujuh,,,

SGARRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR
itulah rasanya saat berenang di danau ini,,, air dingin ini bukan nya membuat saya semakin dingin,, tapi malah merasa hangat di dalam air ini danau ini,,,

hoi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, teriakan dari tengah danau disertai lambaian tangan yang saya tak perhatikan,,, namun di saat sampan mendekat,, ternyata itu adlah teman saya sesama PPL dahulu,,,, tak di sangka,,, akan bertemu di sini,,,\
and,,,,, shoooottttttt,,,, jepret,,,
gambar kami berdua [pun di ambil,,, dan nanti akan saya panaskan kepada rekan-rekan sesama PPL dulu,, hahahahhahaha

tidak hanya di danau ini saya bertemu kawan,,namun nanti juga akan bertemu dengan kawan baru di jalan turun,,,,

Sikap ANAK MUDA

yang namanya anak muda,, pasti takkan lupa dengan namanya SHOTTTTTTTTT JEPRETTTTTTTTTTTTTTTT

hahahahhahaha,,,,, kamera pun menangkap semua aktivitas,,, inilah saatnya eksis,, hehehhee

di akhir artikel akan saya sertkan dokumentasinya,,,

ting ting ting ting

Jam makan siang pun datang,,, nasi+teri+cabe,, it's so delicious bro,,, jadilah diatas sebuah terpal bersih,,, saya tumpahkan semua nasi dan sambal,,,,, dan dengan mengucapkan mantra,,, BISMILLAHHIROHMANIRROHIM MIN KOMAN KAMIN,,,, KUMAN JADI VITAMIN<< AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

serbu:

tanpa ragu tampa jijik,, kami semuapun makan dalam sebuah terpal dan dalam kehangatan kebersamaan,, bagi saya mereka bukanlah rekan ataupun junior saya,,, meskipun saya yang tertua di sini,,, tapi mereka dalah saudara-saudara saya,,,,,,

RASA MENGGANJAL DI HATI

selesai makan dan istirahat sambil NARSIS AGAINNNNNN,,,,,,,,,,,, kami merapikan peralatan dan bersiap-siap turun kembali,,,,,,, disinilah sesuatu yang mengganjal dalam hati saya saat melihat rekan-rekan dari saka BHAYANGKARA,,, mereka makan setelah senior mereka makan di tenda dan junior-junior makan di luar tenda,,, saya betul-betul merasa kecewa melihat pramuka yang begini,,, bagi saya pramuka itu kebersamaan bukan dibeda-bedakan,,, tidak ada senior ataupin junior,,,,semuanya sama rata,,,,,

jam 11.30.... saya dan rekan-rekan hendak turun,, pada awalnya rekan-rekan dari saka BHAYANGKARA hendak turun bersama,,, tpi karena mereka masih beristirahat,,, kamipun turun terlebuh dahulu,,, (mungkin mereka takut tersesat lagi bersama saya) ahahahahahahahahaha

10 menit pendakian,,, saya bertemu dengan junior saya di kampus,,,,, saling basa-basi dan bagi cerita sebentar,,,, dan lanjut lagi,,,,,,,,, sesampai di puncak,,,,, isitirahat dan bertemu lagi dengan rekan saya semasa kuliah yang tadi didanau,,, kamipun berpisah lagi,,,,,karena mereka beristirahat dan kami melanjutkan perjalanan,,,,,,,,,

jalan terjal pun bukan penghalang,,,,, kaki tetap melangkah walaupun terasa sakit akibat luka-luka,,,,

BIDADARIKAH<<<<<<<<<<<<

sretttttttttttt mata terpaku pad sesosok manusi berpakaian merah menyandang cariel yang di tutup jeket putih,, angin pun bertiup sepoi dan love-love pun berterbangan di sekitar kepala,,, (hahahahahahahahah)

saya bertemu dengan sosok gadis yang tidak saya kenal,,,,,,, namun,,,, wanita seperti inilah yang menjadi kriteria saya,,, gadis petualang,,,,, pemberani,,,,

"sendiri kak?" basa-basi dulu bro,,
"ngga kok,,, ada kawan di depan" berani juga nih cewek berpisah dari rekan-rekan nya,,

jadilah saya berjalan bersama dia dan sling becerita,,, ternyata dia hoby basket dan anggota PA bro,,, (pecinta alam),,, sama-sama berhubungan dengan alam dan olahraga ternyata hobi kita,,, dia suka volly ama daki gunung,, gua suka basket ama daki gunung,,, hanya saja dia di PA gua di PRAMUKA

dengan berbekal sedikit NGIBUSSSS tentang volly,,, dimana dia bilang sepatu gua kok mirip sepatu PORPROV volly,,, padahal itu sepatu bokap....kenetulan bokap gua pelatih PORPROV volly dan nyokap gua bintang vollly proonsi tahun 90-an,, jadilah cerita semakin menyambung,,, dan dia mengajak gua gabung di PA,,,, tapi karena gua lebih suka di PRAMUKA,,,gua bilang aja sibuk,,,jarang ada waktu buat naik gunung lagi,,,, dia pun mengirim undangan nih buat daki gunung kerinci,,,karena waktu yang mepet gua terpaksa nolak,,,,

setelah cerita-cerita dan dia suka promosiin wisata nya di FB ato TWITTErR,,, gua tawarin, buat promosiin SAKTI ALAM KERINCI melalui ini blog,, dan dia setuju,,, karena gua kelelahan dari puncak ngga pake istirahat dan sambil menunnngu rekan-rekan yang jauh teritnggal di belakng,,,, jadilah gua berhenti di simpang antara jalur tracking normal dan jalur alternatif melalui ladang masyarakat,, (gua kira ini terakhir dan pertama kita bertemu,,, hks hiks hiks,,,)

Mungkin Jodoh lama menunggu,,,,,, kira-kira 1 jam.,,,,,, rekan-rekan oun bermuculan dan bareng-bareng lagi menuju gerbang pendakian gunung tujuh,,,,

sesampai digerbang,,,,,, kita istirahat di sebuah pos rinda sambil menunggu jemputan mobil,,,

jodoh mungkin ngga kemana,,, dan sang bidadari yang tadi bertemu pun bertemu lagi,,, (asikxssssssssssssss)

setelah gua tanyain kapan bisa ambil foto buat blog gua,,, dia pun nanyain di hubungin kemna,,,, karena apes HP odong-odong gua yang berjasa dalam hidup mati,,, terpaksa gua tinggalin NOPE gua,,,,,,, (seharusnya gua yang minta nope dia)

jadilah kit berpisah dan di saat dia agak jauh,,, (disin baru gua rasain kesadaran gua kembali 100%, karen sepanjang perjalanan,, gua merasa kadang kesadaran gua ditutupin sesuatu yang ngga gua kenal)

"kak,,, namanya siapa,,,,,,,,,,"

"tessa,, di radio biasa di panggil Fortuna"

"gua eky kak"

jdilah kita berpisah,,,,,,,,,,,,,

saat berisitirahat di pos ronda,, baru gua sadar penyebab gua terpaksa mengambil jalan yang saalah yang saat di persimpangan jalur tracking,, yakni karena ada sesosok bayangan gelap yang menutupi jalan,,, dan saat di puncak,, gua juga nemuin kotak kamer sensor gerak yang biasa di gunaan buat nangkap gambar Binatang Buas,,
syukur ya tuhan Engak masih melindungi kami,,,

ini bukan alasan buat gua berhenti mendaki gunung dan menjelajahi keindahan alam lagi lho,,,,,,,,,,,,,

dan setelah keesokan harinya baru gua rasain sakitnya badan karena lecet-lecet,, dan kaki gua yang di SENGAT TABUAN TANAH (semacam serangga kayak lebah yang tinggal di tanah)

sakit badan ini bernar-benar minta ampun,, but,,, one time gua bakal balik lagi kesana,,,

namun satu impian yang belum gua capai,, KERINCI MOUNT,,,, ATAP SUMATERA,,,PUNCAK ANDALAS,,,, itu yang belum kesampaian ama gua,, semoga suatu saat gua bis ke sana,,,,

buat informasi,, didanau ini terdapat sebuah danau yang luas dan air terjun yang indah dan juga pemandangan nan eksotis,,,,,,,,, di danau ini juga ada air terjun yang indah,,, dan juga ada sampan yang bisa digunakan untuk berkeliliing danau,, bisa memancing disini,,, dan juga menangkaap kepiting,,,, buat makan siang enak kan bro,,,,,,,

buat yang pengen merasakan petualangan menuju danau gunung 7..... silahkan hubungin gua EKY 0853818288183

gua siap kok membantu kalian meninkmati indahnya DANAU GUNUNG TUJUH,,,,,,,,,,,,,,,