GuidePedia


 
Jika Anda melihat foto jagung ini mungkin berpikir adalah mainan atau permen jeli, namun sesungguhnya tidak. Jagung tersebut asli dan dapat dimakan. Lalu kenapa warnanya bisa seperti itu?

Sesuai penampilannya yang cantik, jagung ini dinamai Glass Gem corn yang merupakan varietas khusus. Bibit jagung jenis ini dikembangkan oleh petani tradisional suku Cherokee di Oklahoma, Amerika, yang sering memperhatikan adanya warna transparan pada beberapa pipilan jagung. Carl Barnes kemudian mencoba menyilangkan jagung yang memiliki biji-biji berwarna.


 
Selama bertahun-tahun Carl terus menyilangkan hingga akhirnya bisa mendapatkan warna berbeda-beda dalam satu tongkol jagung. Sebelum meninggal, Carl menurunkan rumus penyilangan itu ke Greg Schoen yang kemudian menyerahkan bibitnya pada Bill McDorman untuk dikembangkan di pembibitan di Arizona. Bill sendiri adalah ketua yayasan yang melindungi warisan agrikultur suku asli Amerika.

"Aku benar-benar takjub saat pertama melihatnya," ucap Bill. "Tidak pernah ada yang melihat jagung seperti ini sebelumnya."

Kini bibit Glass Gem corn dijual secara online dengan harga USD 7.95 (Rp 80 ribu) per paket. Jagung tersebut tidak dianjurkan untuk dimakan langsung namun dibuat popcorn atau tepung 
 

Beli yuk ?

 
Top