GuidePedia


Aktris senior Ully Artha meninggal dunia di Rumah Sakit Gatot Soebroto, Jakarta, pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2013 sekitar jam 16.45 WIB di usianya yang ke-59 tahun. Penyebab Ully Artha meninggal dunia adalah karena penyakit jantung yang dideritanya. Tak banyak yang tahu juga kalau Ully Artha sudah masuk agama Islam atau menjadi muslimah sejak tahun 2010 dan berganti nama menjadi Halimatussa'diyah. Karena Ully Artha telah berpindah agama, maka Ully Artha pun meninggal sebagai mualaf.
Almarhumah Ully Artha ternyata juga sudah menikah sekitar setahun lalu. Ironisnya, itu baru diketahui publik dan keluarga pada pada hari ia meninggal, Minggu, 16 Juni 2013. Seorang lelaki bernama Gatot mengaku telah menikah dan berstatus sebagai suami Ully Artha. Ia yang menemani sejak Ully di ruang jenazah RSPAD Gatot Soebroto sampai ke rumah duka di Jalan Petojo Sabangan 2 Nomor 8.
Salah satu adik Ully, Tigor Pengaribuan menjelaskan, keluarga tak ada yang tahu saat Ully Artha menikah. "Nggak tahu di mana, Cibubur kalau nggak salah. Keluarga nggak datang," kata Tigor.
Adik Ully yang lain menyebutkan, pernikahan Ully Artha dengan Gatot terjadi pada bulan Juni 2012. Meski begitu, Tigor tetap mengenang Ully sebagai sosok yang luar biasa. "Banyak kenangan. Beliau tulang punggung keluarga," kenangnya. Gatot adalah seorang yang bekerja di kapal. Tigor tak tahu menahu, apakah pernikahan itu yang menyebabkan kakaknya memutuskan menjadi mualaf sekitar setahun belakangan. Keputusan itu pun, meski sempat membuat keluarga terkejut, bukan menjadi masalah besar.
"Enggak ya, itu pilihan dan panggilan. Bukan karena menikah," komentarnya. Ia pun menghormati pilihan Ully itu, dengan memakamkannya secara Islam di TPU Tanah Kusir
Sebelumnya, Ully Artha sudah masuk RS sejak hari Jumat lalu. Ully sempat mengeluh sakit jantung dan sesak. Kondisinya lemas. Bintang film dan sinetron itu langsung dilarikan ke ICCU RSPAD Gatot Soebroto dalam kondisi tak sadar. "Belum sempat dirawat, karena kondisi nggak sadar. Lemas," kata Tigor.
Minggu sore pukul 16.45, Ully Artha menghembuskan nafas terakhir dengan diagnosis penyakit komplikasi. "Kekurangan cairan, jadi komplikasi. Jantung, paru-paru, dan livernya kena," kata adik perempuan Ully.
Sebelumnya, Ully Artha memang punya riwayat penyakit jantung. Tahun 1997 jantungnya pernah dipasang ring. Kondisinya naik turun sejak itu. Ia bahkan sudah sempat beraktivitas syuting. Terakhir bertemu minggu lalu, Tigor menyebutkan kondisi kakak pertamanya masih baik-baik saja. Namun, ia mengaku memiliki firasat tak enak. "Adalah, ya nggak enak hati aja. Namanya juga adiknya," tutur Tigor lagi.
Jenazah Ully Artha disemayamkan di rumah duka, Jalan Petojo Sabangan 2 Nomor 8, kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rencananya, jenasah Ully Artha akan dimakamkan secara Islam di TPU Tanah Kusir pada Senin siang.
(Op)

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top