GuidePedia

Perkembangan penggunaan layar LCD semakin pesat dari hari ke hari. Beberapa tahun yang lalu, layar monitor LCD hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang dikarenakan harganya yang masih tergolong tinggi. Sebagian besar pengguna justru bertahan menggunakan layar tabung CRT yang mengkonsumsi daya besar, menghabiskan tempat dan menghasilkan panas yang tinggi. Seiringnya waktu, harga layar monitor LCD akhirnya menjadi semakin terjangkau dan para pengguna komputer akhirnya bisa mengganti monitor CRT mereka dengan monitor LCD.

Monitor LCD Acer seri S235HL adalah salah satu dari produk monitor berkualitas dari Acer yang ditawarkan di pasaran Indonesia. Monitor ini telah memenangkan penghargaan iF Product Design Award pada tahun 2012. Desain yang diusung oleh monitor ini memang terlihat menarik dengan tampilan hitam glossy dan matte sehingga monitor ini terkesan minimalis. Penggunaan teknologi LED pada Monitor LCD Acer seri S235HL ini membuatnya terlihat super tipis, kurang dari 1” jika dilihat dari samping.





Monitor Acer ini hanya ditopang oleh satu kaki berhias garis silver. Stand kaki asimetris yang lebar menunjang layar sehingga tampil solid. Stand bukan sekadar penopang kaki layar LCD tetapi juga berfungsi sebagai peletakan tombol pengendali dan berbagai port yang diletakkan di bagian belakang stand. Pada bagian permukaan stand, Anda akan dapat menemui sejumlah tombol , seperti tombol power dengan indicator berwarna biru, tombol volume up/down, menu, Auto dan Empowering Technology.

Empowering Technology
Empowering Technology adalah menu dimana Anda dapat memilih konfigurasi monitor untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi penggunaan monitor. Anda bisa menggunakan konfigurasi Eco, standard, graphics dan movie. Masing-masing konfigurasi tersebut akan memiliki kombinasi brightness, contrast dan colour temp yang berbeda. Untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan khusus, Anda bisa memanfaatkan pilihan konfigurasi User untuk mengatur sendiri kombinasi factor tampilan menurut selera.

Spesifikasi Layar
Acer seri S235HL menggunakan layar berukuran 23” dengan perbandingan 16:9 dan LED yang bebas mercuri sehinga lebih ramah dengan lingkungan. Walaupun memiliki ukuran tampilan yang besar, monitor ini tetap mempunyai dimensi yang ramping dari sisi samping. Monitor ini mendukung resolusi Full HD 1920×1080 dengan layar glossy dan panel IPS. Penggunaan panel In-Plane Switching (IPS) pada monitor ini hadirkan warna yang cemerlang, membuat gambar yang muncul pada monitor ini terlihat lebih nyata. Acer seri S235HL ini memiliki contras kontras rasio 100.000.000:1 sehingga dapat menghadirkan warna hitam yang pekat dan dapat menghadirkan varian warna hingga 16.7 juta warna. Fitur layar IPS yang diusung monitor seri ini juga memberikan keunggulan sudut padang (viewing angle) yang lebar sehingga dari manapun Anda melihat tampilan, tidak akan terjadi perubahan warna dari gambar yang muncul.


Kelengkapan yang Diberikan



Pada bagian belakang stand hitam dengan finishing glossy ini terdapat beberapa port. Anda bisa menemui dua port HDMI dan satu D-sub atau VGA-in sehingga Anda dapat menggunakan tiga perangkat baik itu notebook, personal computer, game console ataupun perangkat yang butuh tampilan lain secara bergantian tanpa harus memindahkan atau mengganti kabel. Pada jajaran port ini juga bisa Anda temui konektor Audio input dan DC in atau power layaknya monitor pada umumnya.




Meja Anda akan semakin rapi karena Anda tidak perlu lagi meletakkan speaker di atas meja. Acer seri S235HL ini telah dilengkapi dengan speaker yang letaknya ada pada bagian belakang layar LCD. Dalam paket penjualannya Anda akan mendapatkan sebuah kabel Audio yang dapat pergunakan bilamana Anda menggunakan port D-sub. Bila Anda menggunakan input melalui kabel HDMI maka Anda dapat menggunakan langsung speaker tersebut tanpa memerlukan kabel audio.

Konsumsi Daya

Alasan utama kenapa banyak orang kini berlaih menggunakan layar LCD sebagai adalah ukurannya yang ringkas sehingga tidak menghabiskan tempat. Di samping itu keunggulan menarik lain dari penggunaan monitor jenis ini adalah konsumsi dayanya. Daya yang diperlukan untuk menghidupkan sebuah layar LCD sangatlah rendah dibandingkan monitor biasa dengan ukuran yang sama. Dengan sebuah alat pengukur daya, Acer seri S235HL hanya memerlukan daya antara 26 hingga 29 watt dalam settingan full brightness dan kontras. Cukup irit daya, mengingat monitor ini menggunakan ukuran layar yang besar.

Beli yuk ?

 
Top