GuidePedia

0



Kumpulan Doa Terbaik untuk Ibu dan Orang Tua - Ibu atau Kedua orang tua, Ayah adalah orang yang telah berjasa dalam hidup kita. Salah satu cara menunjukkan bakti kita kepada beliau adalah mendo'akannya dengan kebaikan. Allah pun telah memerintahkan kita untuk selalu mendo'akan ibu dan bapak kita dengan kebaikan-kebaikan. Selain itu, do'a anak-anak yang sholeh dan sholehah akan selalu diizabah oleh-Nya.

Banyak hadits dari Rosulullah SAW yang menganjurkan serta mengajarkan tata cara beribadah dan menghormati kedua orang tua, diantaranya tidak boleh berkata dengan nada yang tinggi serta membantah perintah kedua orang tua. 
Derajat kedua orang tua, termasuk ibu sangatlah tinggi dihadapan Allah SWT, itulah sebabnya apabila kita berani melawan kedua orang tua kita, maka dosa yang akan kita pertanggung jawabkan amat sangatlah besar dihadapan Allah nantinya. 

Saat kita masih kecil, rasanya dunia begitu indah. Hari-hari kita selalu bersama dengan ibu dan ayah. Dan kebersamaan itulah yang selalu membuat mata ini selalu ingin menangis dikala sedang hidup berjauhan karena suatu tuntutan pekerjan dan tempat tinggal. 

Dan terlebih lagi, umur adalah rahasia Allah, yang entah kapan kita semua akan dipanggil untuk menghadap-Nya. Bagi Anda yang sudah ditinggal oleh Ibu atau Ayah, pastilah rasa rindu, kangen, sedih selalu datang. Itulah sebabnya, Allah dan Rosul-Nya selalu mengajarkan kepada kita untuk mendo'akannya. Karena dengan do'a-do'a inilah kita bisa tetap selalu berkomunikasi dengan baik kepada Ibu dan Ayah kita walaupun mereka sudah tidak tiada lagi didunia ini. Dan berikut ini kami hadirkan kumpulan doa-doa dari bahasa arah dan terjemahannya, serta bahasa Indonesia, yang bisa Anda kirimkan setiap saat, ataupun selepas melaksanakan ibadah Sholat lima waktu dan sunnah. Insya Allah, dengan do'a yang ikhlas dan tulus, semua harapan dan permintaan kita di kabulkan oleh Allah SWT.

Kumpulan Doa Terbaik untuk Ibu dan Ayah
Bahasa Arab dan artinya


اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

Bahasa Arab :
“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”. 

Arti Bahasa Indonesia:
“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 

Bahasa Arab :
"Allaahummaghfirlii Dzunuubii Waliwaalidayya Warhamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiron. Walijamii'il Muslimiina Walmuslimaati, Walmu'miniina Wal Mu'minaati Al Ahyaa'i Minhum Wal Amwaati, Wataabi' Bainanaa Wa Bainahum Bil Khoiraati, Robbighfir Warham Wa Annta Khoirur Raahimiina, Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahil 'Aliyyil Adhiimi.

Arti Bahasa Indonesia :
"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu".


رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ

Bahasa Arab : 
" Robbighfirlii Waliwaalidayya". (QS : An-Nuh : 28)

Arti Bahasa Indonesia :
"Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku". (QS : An-Nuh : 28)

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِـيْراً

Bahasa Arab :
" Robbir-hamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiroo". (QS : Al-Isro' : 24)

Arti Bahasa Indonesia : 
"Kasih sayangilah mereka berdua (Ibu dan Bapak) seperti mereka mengasihiku sewaktu kecil". (QS. Al-Isro' 24)


رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ

Bahasa Arab :
" Robbi Auzi'nii An Asykuro Ni'matakallatii An'amta 'Alayya" 

Arti Bahasa Indonesia :
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku"

وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ

Bahasa Arab :
"Wa'alaa Waalidayya Wa An A'mala Shoolihan Tardloohu.

Arti Bahasa Indonesia :
"dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridloi"

وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Bahasa Arab : 
"Wa Adkhilnii Biro_Hmatika Fii 'Ibaadakash Shooli_Hiin" (Q.S An-Naml juz;19 ayat;19 surat;27)

Arti Bahasa Indonesia : 
"dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (Q.S An-Naml juz;19 ayat;19 surat;27)

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ

Bahasa Arab : 
"Robbi Auzi'ni An Asykuro Ni'matakal Latii An'amta 'Alayya"

Arti Bahasa Indonesia :
"Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku"

وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ

Bahasa Arab :
"Wa'alaa Waalidayya Wa An A'mala Shoolihan Tardloohu"

Arti Bahasa Indonesia : 
"Dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridloi"


وَأَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ

Bahasa Arab : 
"Wa'ashli_H Lii Fii Dzurriyyatii"

Arti Bahasa Indonesia :
"Dan berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku"

إِنِّيْ تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Bahasa Arab : 
"INNII TUBTU ILAIKA WA INNII MINAL MUSLIMIIN. " (QS : Al-Ahqoof, Juzz:26 Ayat:15 Surat:46)

Arti Bahasa Indonesia :
"Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (QS : Al-Ahqoof, Juzz:26 Ayat:15 Surat:46)


أللَّهُمَّ خَفِّضْ لَهُمَا صَوْتِي، وَأَطِبْ لَهُمَا كَلاَمِي، وَأَلِنْ لَهُمَا عَرِيْكَتِي، وَاعْطِفْ عَلَيْهِمَا قَلْبِي، وَصَيِّرْنِي بِهِمَا رَفِيقاً، وَعَلَيْهِمَا شَفِيقاً
Artinya : 
Ya Allah. Indahkan kepada mereka ucapanku. Haluskan kepada mereka tabiatku. Lembutkan kepada mereka hatiku. Jadikan aku orang yang sangat mencintai mereka.


أللَّهُمَّ اشْكُرْ لَهُمَا تَرْبِيَتِي، وَأَثِبْهُمَا عَلَى تَكْرِمَتِي، وَاحْفَظْ لَهُمَا مَا حَفِظَاهُ مِنِّي فِي صِغَرِي

Artinya :
Ya Allah. Balaslah kebaikan mereka karena telah mendidikku. Berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku. Jagalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku.


يَا رَبِّ فَهُمَا أَوْجَبُ حَقّاً عَلَيَّ، وَأَقْدَمُ إحْسَانًا إلَيَّ، وَأَعْظَمُ مِنَّةً لَدَيَّ مِنْ أَنْ أقَاصَّهُمَا بِعَدْل، أَوْ اُجَازِيَهُمَا عَلَى مِثْل

Artinya : 
Ya Allah, mereka mempunyai hak terlalu besar dari diriku. Kebaikan yang terlalu utama terhadapku. Pemberian yang terlalu banyak bagiku. Sehingga aku tidak dapat membalasnya dengan adil atau memberikan kepada imbalan sepadan.

أَيْنَ إذاً يَا إلهِيْ طُولُ شُغْلِهِمَا بِتَرْبِيَتِي؟ وَأَيْنَ شِدَّةُ تَعَبِهِمَا فِي حِرَاسَتِيْ؟ وَأَيْنَ إقْتَارُهُمَا عَلَى أَنْفُسِهِمَا لِلتَّوْسِعَةِ عَلَيَّ؟
Artinya :
Duhai Tuhanku. Bagaimana harus kubalas budi mereka. Lamanya kesibukan mereka untuk mengurusku. Beratnya kelelahan mereka menjagaku. Dan penanggungan mereka akan kesempitan untuk memberikan keleluasaan bagiku

أللَّهُمَّ لاَ تُنْسِنِي ذِكْرَهُمَا فِي أَدْبَارِ صَلَوَاتِي، وَفِي أَناً مِنْ آناءِ لَيْلِي، وَفِي كُلِّ سَاعَة مِنْ سَاعَاتِ نَهَارِي
Artinya :
Ya Allah, Jangan biarkan aku lupa untuk menyebut mereka sesudah shalatku. pada saat-saat malamku, pada saat-saat siangku


Demikian kumpulan doa untuk Ibu dan kedua orang tua yang dapat kami hadirkan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan doa-doa diatas, kebaikan dan kemudahan selalu diberikan oleh Allah dimanapun ibu dan bapak kita berada. Dan semoga, arwah Ibu dan bapak kita selalu diberi tempat yang layak, diampuni dosa-dosanya dan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Amiin.

Jangan lupa share kembali artikel ini, jika menurut Anda artikel ini bermanfaat untuk teman yang lainnya. Terima kasih.




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top