GuidePedia

0

Pemberkatan toilet di India. planetcustodian.com

New Delhi: Sungguh aneh dengan apa yang dilakukan oleh penduduk sebuah desa di India. Bagaimana tidak, mendapat sumbangan toilet dari pemerintah Negeri Gangga, bukannya digunakan untuk buang air, malah dijadikan benda suci yang disembah dan dipuja seperti halnya Tuhan atau dewa.

Pembagian toilet itu bagian dari program pemerintah yang bertujuan menyediakan enam juta toilet baru untuk daerah pedesaan di seluruh negeri. Bukannya digunakan meningkatkan kualitas kesehatannya justru para penduduk di sebuah desa mengadakan ritual "Pooja" untuk meresmikan toilet baru yang dibangun.

Seperti yang dilansir Planet Custodian, warga menghiasi toilet dipenuhi bunga warna-warni. Penduduk desa mempersembahkan sesajen berupa pisang dan kelapa untuk para dewa. Penduduk itu bahkan menempatkan piring berisi secangkir sindoor yang merupakan bagian penting dari setiap upacara keagamaan India dan segelas penuh dengan susu.

Mereka bahkan tidak menggunakan toilet untuk buang hajat dan masih melakukannya di tempat terbuka. Di pedesaan India fasilitas seperti toilet adalah sesuatu yang aneh. Orang-orang di pedesaan India masih percaya bahwa toilet tidak suci dan tidak higienis, banyak orang yang tidak tahu bagaimana dan mengapa harus untuk menggunakan toilet.

Anil Prajapati, Ketua Organisasi Pembangunan Sanitasi Gujarat, sepakat bahwa budaya, keyakinan sosial, dan takhayul adalah beberapa kasus yang menciptakan hambatan dalam distribusi sanitasi. "Kami telah membuat toilet umum tapi orang masih tidak menggunakannya," kata Anil. Beberapa orang takut bahwa ada penyihir di dalamnya atau anak-anak mereka akan diculik.


Sumber

lanjutin di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top