GuidePedia

0


Penemuan makanan dan minuman yang tertua di dunia ini mungkin cukup aneh. Lazimnya makanan hanya akan bertahan beberapa hari saja, namun beberapa makanan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun. Benar saja, makanan tersebut sudah berbentuk artefak yang ditemukan para arkeolog. Ternyata makanan dan minuman yang ditemukan tersebut merupakan resep yang ada saat ini. Penemuan ini menjadi bukti bahwa resep makanan dan minuman yang ada saat ini merupakan pengembangan dari resep makanan ribuan tahun silam. berikut 5 Makanan dan Minuman Tertua yang pernah Ditemui Manusia berbagai sumber:


1. Mie Berusia 4000 Tahun


Makanan tertua yang pertama adalah mie yang berusia 4000 tahun. Tim arkeolog pada 2002 lalu menemukan sebuah mangkuk tembikar yang berdiameter sekitar 20 cm dan tinggi 10 cm dengan posisi terbalik. Mie ini terpelihara karena disimpan di dalam mangkuk tertutup dan terkubur sedalam tiga meter. Melalui analisis ilmiah, semangkuk mie ini terbuat dari padi-padian. Saat ini mie tersebut tersimpan di situs arkeologi Laija. 

2. Roman Tomb Wine 


Botol anggur ini ditemukan pada tahun 1867, di kota Speyer, Jerman. Minuman ini dipercaya merupakan minuman tertuan di dunia. Roman Wine ini ditemukan bersama botol lain yang sudah lama kering. Wine tidak ikut mongering karena minyak zaitun yang dioles di penutup gabus melindungi wine dari oksidasi. Saat ini anggur tersebut dipamerkan di Museum Sejarah Palatinate, di Speyer, Jerman. 


3. Sup Tulang Berusia 2400 Tahun

Sup yang ditemukan di sebuah makam kuno dekat ibukota Xian, China ini diperkirakan berusia 2400 tahun. Saat ditemukan, sup masih dalam bentuk cairan yang mengandung tulang hewan. Sup in diduga merupakan sisa sup para raja dan ratu di masa lampau. Liu Daiyun dari Institut Arkeologi Provinsi Shaanxi mengatakan penemuan tersebut merupakan penemuan pertama sup tulang dalam seajrah arkeologi Cina. Yang menakjubkan, cairan sup serta tulang di dalam wadah berubah menjadi hijau karena oksidasi perunggu.

4. Roti Panggang Berusia 250 Tahun


Arkeolog Jerman baru-baru ini telah mengumumkan bahwa mereka telah menemukan Roti Panggang tertua di dunia. Roti Panggang yang ditemukan dalam sebuah penggalian di Donaumarkt, Regensburg daerah Danube yang telah hancur di akhir tahun 1950-an. Potongan Roti Panggang hangus tersebut diyakini telah berusia 250 tahun yang di temukan dibawah lantai yang dulunya sebagai tempat toko roti.

5. Anggur Berusia 6100 Tahun


Selain Roman Tomb Wine, Minuman anggur tertua lainnya di dunia ditemukan di sebuah gua terpencil Armenia. Tabung fermentasi anggur, cangkir dan mangkuk itu berasal dari masa 6.100 tahun lalu. Ini merupakan contoh paling awal dari produksi anggur secara lengkap, berdasarkan keterangan Gregory Areshian dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Areshian memimpin penggalian tersebut. 

Ilmuwan percaya bahwa minuman anggur tersebut dimanfaatkan untuk perayaan. Tempat penyimpanan anggur mirip wadah yang juga ditemukan di sekitar wilayah Mediterania. Temuan itu diterbitkan dalam jurnal edisi online Journal of Archaeological Science.

Demikian informasi tentang makanan dan minuman yang paling tua di dunia. Jika ada informasi lain tentang tema serupa silakan komentar pada kolom di bawah ini. Semoga informasi ini menjadi tambahan ilmu pengetahuan baru bagi pembaca semua. 


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top