GuidePedia

0
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/frans-magnis-suseno-_120214193730-874.jpg
Aktivis 98, Pius Lustrilanang, angkat bicara terkait pernyataan Romo Frans Magnis Suseno. Dalam keterangannya kepada Republika Online, Jumat (4/7), Pius memaparkan tanggapan berikut.

"Pertama-tama, saya minta maaf kepada Romo Frans Magnis Suseno dan saudaraku kaum muslimin yang sedang berpuasa. Setelah membaca surat Romo Magnis, saya jadi terdorong untuk ikut bersuara," kata Pius.

Berbeda dengan Romo Magnis, dirinya mantap memberikan suara buat Prabowo Subianto. Dirinya juga tidak bicara program, karena percaya semua pemimpin bertekad baik untuk menyejahterakan rakyat. Pemimpin bisa mengundang ribuan ahli untuk menyusun program bagi kemakmuran negara.

Pius tidak khawatir sama sekali dengan Amien Rais dan jargon perang badarnya. Tidak juga dengan kelompok ormas Islam radikal.

"Bagi saya Amien Rais tetaplah salah satu tokoh reformasi. Jika ia berniat jahat, pasti itu sudah dilakukannya saat menjadi Ketua MPR," tegas Pius. Bukankah beliau yang memimpin perubahan demi perubahan UUD di masa awal reformasi? UUD yang menjadi fondasi demokrasi sekarang.

Pius juga menegaskan saat ini sudah ada UU ormas untuk menangkal aksi kekerasan dan kebrutalan ormas. "Kita cuma butuh pemimpin yang tegas, yang bisa melindungi keberagaman kita," imbuhnya.

Surat pernyataan Romo juga menyinggung soal kasus penculikan aktivis. Sebagai aktivis yang diculik, Pius tahu hal tersebut tidak mungkin atas inisiatif Prabowo sendiri.

Kasus penghilangan orang adalah sebuah kejahatan rezim (Soeharto), bukan tindakan koboi para petinggi militer. Jika ada yang salah, maka yang salah adalah doktrin. Kesalahan doktrin adalah kesalahan institusi. "Menyalahkan Prabowo semata, bagi saya, hanyalah upaya pengkambinghitaman," ucapnya.

Tuduhan Romo yang menggambarkan Prabowo sebagai orang yang tidak taat konstitusi dan aturan militer saat masih aktif pun dianggap berlebihan. Jika Prabowo betul sedigdaya itu, mengapa dia membiarkan dirinya dicopot dari jabatan Pangkostrad. Bukankah itu berarti dia tunduk pada aturan dan hierarki?

Mohon maaf Romo Magnis, apa yang Romo khawatirkan dinilainya tidak ada yang baru. Semuanya hanyalah resume dari kampanye negatif yang selama ini diarahkan buat Prabowo. "Jika ada yang salah dari apa yang diutarakan, saat ini juga saya mengaku dosa. Tuhan Yesus, ampuni dosa saya. Amin," kata Pius mengakhiri keterangannya.  
 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top