GuidePedia

0

Pasca Debat Calon Presiden (Capres) Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) kerap menjadi trending topic di Twitter. Pasangan nomor urut 2 tersebut menjadi perbincangan di dunia maya dengan beberapa hastag seperti #PintarPilih2 dan #no2BEKERJA_salamDUAjari.

Menurut Direktur Eksekutif Indeks Digital, Jimmi Kembaren kalau trending topic tersebut diciptakan dengan menggunakan akun robot atau buzzer, bukan akun asli.

"Trending topic tidak bisa lagi dipakai untuk mengukur popularitas sebuah topik karena diciptakan robot," ujarnya, Sabtu (5/7).

Dikatakan Jimmi dikubu pasangan capres Jokowi sendiri terdapat 20-ribuan akun robot setiap harinya. Sementara untuk menjadi trending topic Indonesia hanya membutuhkan 10 ribu tweet/mention, dan 40-50 ribu tweet/mention untuk trending topic dunia.

Meski tim kedua pasangan capres-cawapres memiliki akun robot, Jokowi-JK diakui Jimmi lebih banyak dan sistematis. Setiap ada akun yang nge-tweet tentang Jokowi-JK, akun-akun robotnya langsung me-retweet sehingga seakan-akan perbincangan melibatkan banyak orang.

"Dua-duanya menggunakan robot, tetapi yang sistematis adalah Jokowi," katanya.

Jimmi kalau akun robot tersebut tercipta lahir dari pemahaman terhadap mention yang menunjukan populernya sebuah topik.

“Pengguna Twitter yang tidak mengerti akan terjebak di dalamnya," tuturnya.  

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top