GuidePedia

0

Tokoh separatis pro-Rusia, Igor Strelkov, tiba-tiba menjadi perhatian dunia ketika ia muncul untuk mengklaim bahwa ia adalah orang yang bertanggung jawab di balik jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17.


Igor Strelkov yang dikenal sebagai “Igor sang Pembuat Onar” muncul untuk mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya MH17. (Foto: Reuters)

Media sosial yang terhubung ke Igor memuat, para pemberontak telah menembak jatuh pesawat kargo angkatan darat di lokasi sekitar MH17 tertembak, dan menewaskan hampir 300 jiwa.

Komentar yang muncul dari pejabat tinggi militer kelompok yang memproklamirkan diri sebagai “Republik Rakyat Donetsk” itu menyebut, kelompok separatis ini secara tak sengaja menembak MH17, karena awalnya diyakini sebagai pesawat kargo angkatan darat Ukraina.

Lantas, siapakah Igor Strelkov, pria yang dikenal sebagai ‘Igor Sang Pembuat Onar’ ini?

Terlahir sebagai Igor Girkin di tahun 1970 dan dibesarkan di Moskwa, ia disebut memiliki ikatan kuat dengan sejarah Rusia dengan ambisi untuk melihat kembali kejayaan kekaisaran atau ke-‘Tsar’-an Rusia.

Selama ia menjabat sebagai pemimpin kelompok militan di Ukraina, ia memiliki reputasi sebagai pemimpin yang tegas dan kejam, serta mengutuk masyarakat negara Barat sebagai sebuah ‘kemunduran’.

Agensi intelijen Barat mengatakan, ia adalah mantan agen di Direktorat Intelijen Utama Rusia.

Igor muncul sebagai seorang pemimpin kelompok pemberontak bersenjata selama konflik di Crimea berlangsung, awal tahun ini.

Ia mendirikan markas di Slaviansk, tempat di mana ia dituduh mencuri, menyiksa, dan membunuh politisi lokal Ukraina dan seorang mahasiswa 19 tahun.

Pada 15 April, Otoritas Keamanan Ukraina mengusut kasus kriminal yang melibatkan Igor, menggambarkan sosoknya sebagai seorang perekrut Rusia dan menuduhnya telah memimpin kampanye teror di wilayah sekitar Slaviansk.

Dari situ Igor bergerak menuju Donetsk dan Luhansk di timur Ukraina, memimpin keompok pemberontak pro-Rusia di wilayah tersebut dengan misi mendirikan “Republik Rakyat Donetsk.”

Ia telah mengklaim dirinya bertanggung jawab atas aksi penembakan sebuah pesawat pada kamis 17 Juli lewat media sosial Eropa, ‘VK’.

“Kami baru saja menembak sebuah pesawat AN-26 di dekat Torez. Pesawat itu jatuh di sekitar area tambang,” tulis sebuah akun di ‘VK’ yang diasosiasikan dengan Igor.

Pada 17 Juli, sebuah akun Twitter beratas nama-kan “Republik Rakyat Donetsk” merilis beberapa pernyataan yang mengklaim telah menyita sistem misil dari angkatan darat Ukraina.

“@dnrpress: sistem misil ‘Buk’ telah disita oleh DNR dari resimen A1402 Ukraina,” tulis sebuah pos di Twitter itu.

Analis militer mengutarakan, misil jangka menengah ‘Buk’ adalah senjata yang kemungkinan besar digunakan untuk menembak MH17.

Sebuah pernyataan di media sosial tersebut, yang diyakini berasosiasi dengan Igor, sempat dirilis dan kemudian dicabut. Pos ini menyebut, “Kami telah memperingatkan anda, jangan terbang di atas langit kami.” “Dan inilah sebuah video yang mengkonfirmasi adanya sebuah ‘burung terbang yang jatuh’,” lanjut pernyataan itu seraya memuat tautan ke sebuah video yang memperlihatkan warga setempat tengah menyaksikan asap hitam di atas langit.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top