GuidePedia

0
http://iblogmagazine.com/wp-content/uploads/2013/10/3-options-for-selling-digital-products-on-your-blog-728x410.jpg
Saat ini telah internet memungkinkan semua orang menjual produk digital dg sangat mudah dan cepat lewat website , Twitter, Facebook atau dg newsletter email. Dunia ini sendiri merupakan pasar buat aboi yang sangat buesar, aboi bisa jual buku PDF ,musik MP3, foto, program software, kursus video,tema website , dan hal lain yang bisa diunduh.

Meskipun ada layanan web yang memungkinkan aboi menjual content digital online dengan komisi sekitar 5% per transaksi, Aing mau bagi-bagi pemecahan masalah dg gaya 'kerjakan-sendiri' yg sudah sering aing gunakan di website aing

Pada dasarnya cara kerjanya menggunakan Google Drive untuk menyimpan file, PayPal untuk pembayaran dan Gmail untuk mengirimkan 'barang' ke pembeli. Tidak ada pembatasan ukuran file atau jumlah produk yang bisa aboi jual. Tidak ada juga pembatasan bandwidth. Tidak ada upah perantara kecuali PayPal. Dan orang masih bisa beli dagangan aboi lewat PayPal atau menggunakan kartu kredit atau debit mereka.

Jualan digital pakai PayPal dan Google Drive

Pertama, ciptakan sebuah tombol “Buy Now” di akun PayPal mu untuk produk yang bakal aboi jual online dan bikin sebuah Item ID unik (lihat screenshot di atas).

PayPal sekarang akan menawarkan aboi kode HTML untuk tombol yg bisa aboi pasang di website aboi. Atau kalau nggak, aboi bisa copy langsung – lihat contoh – untuk membagikan produk aboi lewat email atau jualan lewat socmed.



Selanjutnya aboi musti mengunggah file yang berhubungan ke Google Drive. Ketika ada orang yang membeli, Google script akan mengambil file dari Drive dan mengirimkan ke pembeli lewat Gmail sebagai email attachment. Kalau filenya besar, misalkan berukuran >20 MB, script nya akan secara otomatis membagi file itu dengan pembeli dan mengirim link dimana file itu siap diunduh.

Langkah terakhir adalah menjalankan Google Script yang akan memonitor inbox Gmail aboi kalau ada transaksi di PayPal aboi dan mengirimkan file digitalnya ke pembeli.

Mudah kan ? Klik di sini untuk bikin copy script PayPal di Google Drive aboi dan masukkan ID Item ID dan nama file semua produk yang aboi jual lewat PayPal. Kemudian pilih Run -> PayPal dan authorize the script.



Gitu aja. Script nya akan membaca mailbox Gmail aboi setiap 5 menit dan mempro0ses semua email yg berhubungan dengan PayPal. Sekali email terkirim ke pembeli, email PayPal pindah ke archive. Aboi bisa cek di Programmer’s Library untuk annotated source code.

Nanti kalau aboi mengeluarakan versi update dari file digital aboi, aboi bisa gunakan Mail Merge with Gmail biar semua pembeli yg terdahulu tahu tentang versi update ini. Aboi bisa taruh semua email PayPal di label Gmail baru, extract alamat email dan gunakan daftar ini untuk penggabungan tadi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top