GuidePedia

0



Aboi lihat sesuatu yang aneh dari gambar rusa di atas gak ? Kalau mata aboi tertuju ke taring hewan ini, pasti aboi berpikir bahwa ini adalah kelainan alam atau cacat kelahiran. Jawabannya bukan itu semua. Untuk rusa air ini, yang lebih dikenal sebagai rusa Vampire , jawabannya masih ada dalam tanda kutip.



Image Credit Flickr User Wildlife Travel

Mari kita kasih nama hewan ini dengan nama yang tepat. Ini adalah rusa air china (Hydropotes inermis inermis) dan ini termasuk satu dari dua subspecies (yang lain adalah varian Korea) yang mempunya taring permanen, tajem ke arah bawah seolah saingan dengan seekor Nosferatu yang punya kemampuan mengubah secara cepat dari hewan ke manusia. Kemampuan ini membikin subspecies ini jadi berbeda – mereka hanya terdiri dari dua anggota genus Hydropotes.


Image Credit Flickr User the__gman

Bukan hanya sekedar Rusa jantan yang mempunyai gigi aneh – betinanya pun mempunyai, hanya saja panjangnya cuma sesenti kurang. Sang jantan, bisa mempunyai taring sepanjang 8cm. Jantan yang lahir di musim panas akan tumbuh taringnya di musim semi dan musim panas kedua nanti sudah akan mencapai setngah panjang maksimal.


Image Credit Flickr User chrissmallwood


Image Credit Flickr User pricklysarah

Ketika jantan memasuki masa dewasa, gigi ‘vampire’ mereka juga akan mencapai panjang maksimal. Walopun senjata ini tidak selalu tampil – maka akan disimpan di wadahnya. Sehingga Rusa jantan ini bisa menariknya ke belakang, pas dia makan.


Image Credit Flickr User Wildlife Travel
Mereka juga menggunakan ini untuk pamer agresi. Taring2 ini bisa dikeluarkan dan ketika itu terjadi si jantan ini akan menarik giginya yang lain lebih dekat dengan cara menarik ke bibir bawahnya. Dengan begitu, dia bisa mengesankan dua senjata taringnya kepada lawannya, dan sepertinya, rusa ini mirip dengan vampir2 di film yang bisa menampilkan atau menyembunyikan taring mereka dengan cara yang sama.

Image Credit Flickr User wwarby

Taring rusa air ini tidak digunakan seperti layaknya hewan karnivora – cuma buat berantem antar jantan aja. Ketika pertarungan berlangsung, sesama jantan saling mendekat dan kemudian berbaris berurutan sebentar, memeriksa kekuatan dan keganasan musuh mereka. Kalau tidak keder mereka langsung bertempur – dan ini sangat sering terjadi.


Image Credit Flickr User Mario Pineda


Image Credit Flickr User chrissmallwood

Walopun kita hampir gak pernah mendengar bahwa rusa air ini terbunuh dalam pertarungan, tapi tetep ajah brutal. Luka-luka paling banyak ditemukan di bagian kepala,lengan dan punggung mereka. Telinga, malah sering terlihat sobek ! Walopun itu hak pejantan, semua kekejaman dan kesedihan pertempuran adalah hak khusus mereka di alam.

Image Credit Flickr User Tony Sutton

Rusa air ini aslinya dari China dan Korea TAPI ada juga populasi besar di Inggris raya dimana hewan ini mulai diternakkan tahun 1870-an. Semenjak itulah rusa ini diberi nama vampire hingga sekarang. Karena peran alami yang antagonis dari pejantannya, orang harus lebih bijaksana lagi dalam melihat, dan ujungnya bisa menerima itu sebagai pelengkap alam.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top