GuidePedia

0
 
 Masyarakat memakai sepeda kayu elektrik di Belanda, gambar: psfk.com
Sepeda menjadi kendaraan paling favorit saat ini dikalangan pecinta lingkungan, karena kegunaanya berkendara bukan hanya dapat mengurangi tingkat polusi udara, namun juga menjadi bagian penting dari olahraga. Serta tentu saja berkumpul dalam komunitas yang kegiatannya positif.

Kepopuleran sepeda dari masa ke masa, nampaknya di abad 20 ini sepeda jauh lebih populer seiring dengan makin mengkhawatirkannya isu global warming. Sehingga para kreatif dunia turut andil dalam membuat sepeda yang unik dan sangat ramah lingkungan atau bahkan dari bahan-bahan dasar daur ulang.

Seperti halnya sepeda yang terbuat dari bahan karton kardus, saat ini telah diperkenalkan kepada dunia sepeda inovatif terbuat dari bahan kayu yang diinstalasi dengan aliran listrik. Sepeda ini disebut sebagai "Electric Wooden Bike".

Sepeda kayu elektrik ini, diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan kecil sepeda di Belanda bernama Bough Bikes. Sampai saat ini mereka telah menghasilkan lebih dari 300 sepeda kayu elektrik digunakan di seluruh Belanda.

Berikut video Sepeda Kayu Elektrik Merek Bough Bikes


Perusahaan ini, nampaknya begitu antusias mengajak masyarakat dunia untuk beralih meninggalkan penggunan kendaraan bermotor seperti mobil, dan memakai kendaraan ramah lingkungan salah satunya sepeda kayu elektrik yang mereka buat.

Untuk mewujudkan niat tersebut, Bough Bikes mengikuti NYCxDesign 2014 dan menggelar pameran 2 prototipe sepeda kayu elektrik tersebut di New York. Kedua sepeda kayu tersebut tidak semuanya menggunkan bahan kayu, ada bagian-bagian tertentu yang masih menggunakan bahan logam namun tidak pada bagian utama seperti stang, bingkai, garpu, spatbor.

Sepeda Kayu Elektrik

Piet Brandjes, CEO sekaligus Co-Designer dari Bough Bikes menjelaskan pada media psfk dalam wawancaranya bahwa, dengan kemajuan motor listrik yang lebih kuat, baterai yang lebih kecil serta sistem pengisian, memungkinkan untuk membuat versi sepeda listrik.

Piet juga menambahkan, meskipun Sepeda Kayu Listrik tidak seringan sepeda biasanya, namun kecepatannya mampu mencapai 15 mph dalam jarak 30 mil di jalanan datar.

Alat ukur dan pengatur kecepatan dan daya baterai

Cara menggunakan sepeda ini ternyata sangat mudah, seperti halnya sepeda biasa yang dikayuh. Namun beberapa kayuhan sepeda ini, dengan menghasilkan rotasi dari pedalnya akan mengisi daya listrik yang pada akhirnya berat sepeda langsung tak terasa dan kita tidak perlu mengayuhnya lagi.

Baterai pada sepeda ini bisa diisi penuh 3 hingga 6 jam. yang kemudian akan diisi ulang secara otomatis ada saat dipakai.

Sepeda kayu mungkin saat ini masih kalah populer dengan sepeda logam biasanya. Namun kayu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan logam. Serta akan lebih terasa nyaman karena tkstur kayu layaknya properti properti yang ada di rumah kita. 

SumberLihat yg lebih 'seru' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top